PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN

Authors

  • Agussetiyanie Sulistiyowatie

Abstract

Metode merupakan suatu bentuk pembelajaran yang tergambar dari awal sampai akhir yang disajikan secara khas oleh guru, yang diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.   Prestasi belajar siswa adalah kemampuan-kemampuan yang dimiliki peserta didik ( siswa )  setelah menerima pengalaman belajarnya di antara upaya yang dilakukan guru dalam mendorong keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran dan pencapaian prestasi belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang optimal adalah melalui penerapan metode problem solving dan pembelajaran kooperatif. Penelitian dilakukan di kelas XI IPA SMA Negeri 3 Kabupaten Pamekasan Rancangan penelitian ini termasuk penelitian asosiatif dengan bentuk hubungan variable kausal, dengan jumlah sampel 69 siswa, menggunakan teknik proportional random sampling.. Data dikumpulkan dengan menggunakan intrumen berupa lembar angket, dan prestasi belajar siswa dari hasil ulangan harian. Perolehan prestasi belajar menunjukkan adanya pengaruh yang sangat signifikan, baik itu penerapan metode problem solving, dan pembelajaran kooperatif secara terpisah maupun secara bersama- sama terhadap prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas XI IPA SMA Negeri 3 Kabupaten Pamekasan

Downloads

How to Cite

Sulistiyowatie, A. (2017). PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 10(3), 322–328. Retrieved from https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JPPI/article/view/1682

Issue

Section

Articles