PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA SMK NEGERI 1 GENDING KABUPATEN PROBOLINGGO
Abstract
Pendidikan nasional berfungsi untuk mengembangkan kemampuan, membentuk watak, serta membentuk peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab Prestasi yang tinggi dalam belajar, seseorang harus memiliki Intelligence Quotient (IQ) yang tinggi, karena inteligensi merupakan bekal potensial yang akan memudahkan dalam belajar dan pada gilirannya akan menghasilkan prestasi belajar yang optimal. Hakikat inteligensi adalah kemampuan untuk menetapkan dan mempertahankan suatu tujuan. untuk mengadakan penyesuaian dalam rangka mencapai tujuan itu, dan untuk menilai keadaan diri secara kritis dan objektif. Dalam proses belajar siswa, tiga inteligensi itu sangat diperlukan. IQ tidak dapat berfungsi dengan baik tanpa partisipasi penghayatan emosional terhadap mata pelajaran yang disampaikan di sekolah. Bahkan spiritualitas juga sangat di butuhkan dan mendukung. Keseimbangan antara IQ, EQ, dan SQ merupakan kunci keberhasilan belajar siswa di sekolah. Prestasi belajar yang baik dan memuaskan diperlukan adanya partisipasi dari berbagai pihak dan tidak hanya bergantung pada guru dan tingkat kecerdasan inteligensi siswa itu sendiri, akan tetapi juga dipengaruhi oleh motivasi belajar yang tinggi yang muncul dari dalam diri peserta didik.