PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO DAN METODE CURAH PENDAPAT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah  (1) Untuk mengetahui pengaruh antara penggunaan media pembelajaran video terhadap motivasi belajar siswa SMP Negeri I Kec. Babadan Kab. Ponorogo? (2) Untuk mengetahui pengaruh antara metode curah pendapat terhadap motivasi belajar siswa SMP Negeri I Kec. Babadan Kab. Ponorogo? (3) Untuk mengetahui pengaruh antara penggunaanmedia pembelajaran video dan metode curah pendapat terhadap motivasi belajar siswa SMP Negeri I Kec. Babadan Kab. Ponorogo? Subjek penelitian adalah siswa kelas IX E,F,G, H sejumlah 81 siswa dan dengan jumlah sampel sebanyak 45 siswa.Adapun hasil penelitian ini adalah 1) Hasil perhitungan secara parsial variabel Penggunaan Media Video diperoleh thitung sebesar 3.842 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,05 sehingga Penggunaan Media Video berpengaruh secara signifikan terhadap Motivasi Belajar Siswa. (2) Hasil perhitungan secara parsial variabel Metode Curah Pendapat diperoleh thitung sebesar 2.678 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,05 sehingga Metode Curah Pendapat berpengaruh secara signifikan terhadap Motivasi Belajar Siswa. (3) Hasil perhitungan Fhitung sebesar 26.224 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,05 sehingga hipotesis (Ho) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima. Dengan demikian penggunaan Media Video (X1) dan Metode Curah Pendapat (X2) berpengaruh secara signifikan terhadap Motivasi Belajar (Y) Siswa SMP Negeri I Kec. Babadan Kabupaten Ponorogo pada Mata Pelajaran IPS Kelas IX Tahun Pelajaran 2015/2016.