PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS IX SMP NEGERI 5 KABUPATEN PAMEKASAN

Authors

  • Siti Jukhairiyah

Abstract

Perolehan hasil belajar siswa pada mata pelajaran secara umum dan khususnya IPS masih belum memuaskan hal ini dapat dilihat pada hasil perolehan ujian maupun semesteran dari tahun ketahun selalu mengalami penurunan. Berdasarkan kajian yang ada didalam silabus   mata pelajaran IPS  maka didalam banyak memuat konsep-konsep dan istilah–istilah yang baru bagi siswa sehingga banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam mempelajarinya. Tujuan dalam penelitian ini adalah: untuk mengetahui pengaruh Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) dan pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar  mata pelajaran IPS secara mandiri maupun bersama-sama pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 5 Kabupaten Pamekasan. Design penelitian adalah diskriptif kuwantitatif. Populasi dalam penelitian siswa Siswa Kelas IX SMP Negeri 5 Kabupaten Pamekasan dengan jumlah sampel 37 siswa. Metode pengumpulan data adalah metode questionnaires dan documentasi. Tehnik analisis data yang digunakan regresi partial dan berganda dengan ANOVA. Hasil penelitian menggambarkan Penggunaan metode pembelajaran kontekstual memberi hubungan yang signifikan dengan hasil belajar mata pelajaran IPS  karena uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai f hitung =107,591 yang berarti lebih besar dari nilai f tabel =3,11 pada taraf signifikan 0,05. Tinggi rendahnya motivasi belajar memiliki hubungan yang berbeda terhadap perolehan hasil belajar mata pelajaran IPS  karena uji hipotesis menunjukkaan bahwa hasil nilai f hitung =114,297 berarti lebih besar dari nilai f tabel =3,11 pada taraf signifikan 0,05. Ada hubungan antara penggunaan metode pembelajaran kontekstual dan motivasi belajar terhadap hasil belajar, uji hipotesis menunjukkaan bahwa hasil nilai f hitung =75,302 berarti lebih besar dari nilai f tabel =3,11 pada taraf signifikan 0,05.

Downloads

How to Cite

Jukhairiyah, S. (2017). PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS IX SMP NEGERI 5 KABUPATEN PAMEKASAN. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 10(1), 27–43. Retrieved from http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JPPI/article/view/1705

Issue

Section

Articles