PENGARUH FASILITAS DAN KEDISIPLINAN SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJA

Authors

  • Rizki Multianto Nugroho
  • Pieter Sahertian
  • Endah Andayani

Abstract

 Secara umum, penelitian bertujuan untuk menemukan Pengaruh Fasilitas dan Kedisiplinan terhadap Prestasi Belajar Sejarah. Secara khusus, tujuan penelitian ini dapat diopersionalkan sebagai berikut:1) Menjelaskan pengaruh fasilitas terhadap prestasi belajar Sejarah kelas X SMA Brawijaya Smart School Malang, 2) Menjelaskan pengaruh kedisiplinan terhadap prestasi belajar Sejarah kelas X SMA Brawijaya Smart School Malang dan 3) Menjelaskan pengaruh fasilitas dan kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar Sejarah kelas X SMA Brawijaya Smart School Malang. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan antara fasilitas belajar (X1) terhadap prestasi belajar sejarah siswa kelas X SMA Brawijaya Smart School Malang (Y). Hasil tersebut dapat diketahui thitung 4,997 yang lebih besar dari ttabel sebesar 2,014 dengan taraf signifikansi 0,000 yang lebih kecil daripada t sig 0,05. Berarti dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan antara fasilitas belajar terhadap prestasi. (2) Terdapat pengaruh positif yang signifikan antara Kedisiplinan (X2) terhadap prestasi belajar siswa kelas X sejarah SMA Brawijaya Smart School Malang (Y). Hasil tersebut dapat diketahui thitung 3,259 yang lebih besar dari nilai ttabel sebesar 2,014. Berarti terdapat pengaruh positif yang signifikan antara kedisiplinan siswa terhadap prestasi, (3) Ada pengaruh secara simultan yang signifikan fasilitas dan kedisiplinan terhadap prestasi sejarah siswa SMA Brawijaya Smart School Malang. Hasil tersebut dapat diketahui dengan diperolehnya Fhitung sebesar 217,791 yang lebih besar dari nilai Ftabel sebesar 3,20. Disimpulkan bahwa fasilitas belajar dan kedisiplinan merupakan dua faktor yang mempunyai pengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Saran upaya meningkatkan prestasi sejarah siswa dapat dilakukan dengan meningkatkan fasilitas belajar siswa dapat dilakukan dengan meningkatkan variabel situasi sekolah dan sistem pembelajaran karena dalam hal ini penelitian masih belum maksimal.

 

Downloads

How to Cite

Nugroho, R. M., Sahertian, P., & Andayani, E. (2017). PENGARUH FASILITAS DAN KEDISIPLINAN SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJA. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 10(1), 55–62. Retrieved from http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JPPI/article/view/1707

Issue

Section

Articles