LINGKUNGAN SOSIAL SISWA, TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA DAN HASIL BELAJAR IPS (STUDI PADA SISWA KELAS IX SMPN 1 JAMBON PONOROGO)

Siswanto Siswanto, M. Tauchid Noor, Christea F

Abstract


Penelitian “Pengaruh Lingkungan Sosial Siswa dan Tingkat Pendidikan Orang Tua Siswa terhadap Hasil Belajar IPS, Studi pada Siswa Kelas IX SMPN 1 Jambon Ponorogo” adalah  penelitian yang bertujuan untuk mengetahui tentang faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar IPS agar didapatkan hasil penelitian  yang dapat memperbaiki hasil belajar IPS khususnya di SMPN 1 Jambon Ponorogo. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lingkungan sosial siswa terhadap hasil belajar IPS, untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan orang tua siswa terhadap hasil belajar IPS dan untuk mengetahui pengaruh lingkungan sosial siswa dan tingkat pendidikan orang tua siswa secara bersama-sama terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IX SMPN 1 Jambon Ponorogo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif atau analisis data statistik. Populasi penelitian ini adalah siswa SMPN 1 Jambon Ponorogo.. Adapun tekhnik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sehingga dihasilkan jumlah sampel sebesar 59 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda, didapatkan persamaan:  Y’ = 37,475 + 0,224 X1+ 0,365 X2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan lingkungan sosial siswa terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IX SMPN 1 Jambon Ponorogo karena nilai thitung (2,366) > ttabel (2,003)  atau nilai probabilitas tsig (0,02) < α (0,05). Dan ada pengaruh yang signifikan tingkat pendidikan orang tua siswa terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IX SMPN 1 Jambon Ponorogo karena nilai thitung (4,031) > ttabel (2,022)  atau nilai probabilitas tsig (0,000) < α (0,05). Selain itu, ada pengaruh yang signifikan secara bersama-sama  antara lingkungan  sosial siswa dan tingkat pendidikan orang tua siswa terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IX SMPN 1 Jambon Ponorogo karena nilai Fhitung (10,652) > Ftabel (4,080)  atau nilai probabilitas Fsig (0,000) < α (0,05). Dengan besarnya pengaruh 48,3%%. Sedangkan sisanya 51,7% ditentukan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.