PENGARUH MOTIVASI BELAJAR SISWA DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPS SISWA SDN 2 MRICAN, KECAMATAN JENANGAN, KABUPATEN PONOROGO

Mismiati Mismiati Mismiati

Abstract


Motivasi belajar dan prestasi belajar adalah dua hal yang saling berkaitan, selain itu media pembelajaran juga berpengaruh terhadap kedua hal tersebut. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas Motivasi Belajar Siswa (X1), Penggunaan Media Pembelajaran (X2), dan variabel terikatnya adalah Prestasi Belajar Matapelajaran IPS (Y). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui:  a) pengaruh antara motivasi belajar mata pelajaran IPS siswa terhadap prestasi belajar siswa SDN 2 Mrican, Kecamatan Jenangan, Kabupaten Ponorogo Tahun 2015-2016.  b) pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS siswa SDN 2 Mrican, Kecamatan Jenangan, Kabupaten Ponorogo Tahun 2015-2016.  c) pengaruh motivasi belajar siswa dan penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS siswa SDN 2 Mrican, Kecamatan Jenangan, Kabupaten Ponorogo Tahun 2015 – 2016.Jenis penelitian menggunakan metode regresi dengan menggunakan regresi linier sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 4,5,6 SDN 2 Mrican, Kecamatan Jenangan, Kabupaten Ponorogo Tahun 2015 – 2016 yaitu sebanyak 87 siswa. Penelitian ini adalah penelitian populasi karena jumlah sampel sama dengan jumlah populasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan bantuan software SPSS Versi 16.00 for windows.Hasil analisis regresi linier sederhan dengan menggunakan SPSS Versi 16.00 adalah bahwa ada pengaruh positif signifikan antara motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS. Terdapat pengaruh positif signifikan juga antara penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa. Serta motivasi belajar siswa dan penggunaan media pembelajaran secara simultan berpengaruh terhadap prestasi matapelajaran IPS.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.