PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY-TWO STRAY (TS-TS) DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS SISWA SMPN 1 KECAMATAN NGEBEL KABUPATEN PONOROGO
Abstract
Sekolah merupakan ujung tombak untuk mencapai tujuan di atas. Dan guru adalah orang yang berhubungan dengan siswa setiap hari. Oleh karena itu kemampuan untuk mendorong siswa mencapai hasil belajar yang optimal adalah kewajiban. Guru harus bisa memotivasi siswanya untuk belajar lebih giat. Memotivasi siswa dalam proses pembelajaran bisa dilakukan dengan model pembelajaran yang menarik dan di senangi oleh siswa. Salah satunya adalah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay-Two Stray (TS-TS). Namun sering terlihat proses pembelajaran di sekolah menengah pada umumnya masih menerapkan sistem tradisional atau konversional yaitu teacher centered sehingga pembelajaran masih berpusat pada guru bukan siswa. Pembelajaran ini dirasa masih kurang variatif dan menimbulkan rasa jenuh pada siswa dan menyebabkan rendahnya penguasaan materi pada siswa. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk mengangkat masalah tersebut.Tujuan yang ingin di capai dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan penerapan model TS-TS terhadap hasil belajar IPS siswa di SMPN 1 Kec. Ngebel, Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS siswa di SMPN 1 Kec. Ngebel, Untuk mengetahui pengaruh secara bersama-sama penggunaan model pembelajaran model TS-TS dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS siswa di SMPN 1 Kec. Ngebel.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswa kelas VIII SMPN 1 Kec. Ngebel tahun pelajaran 2015-2016 sebanyak 129 siswa dengan sampel 56 siswa. Hasil penelitian menyatakan bahwa (1) Ada pengaruh yang signifikan pembelajaran menggunakan model two stay-two stray (TS-TS) terhadap hasil belajar IPS siswa di SMPN 1 Kec. Ngebel Ponorogo (2) Ada pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS siswa di SMPN 1 Kec. Ngebel Ponorogo (3) Ada pengaruh secara bersama-sama penggunaan model pembelajaran model two stay-two stray (TS-TS) dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS siswa di SMPN 1 Kec. Ngebel Ponorogo.
ÂÂ