PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN LCD PROYEKTOR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPS
Abstract
Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran ilmu pengetahuan sosial dengan menggunakan media LCD PROYEKTOR dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa. Secara khusus , tujuan penelitian adalah (1) untuk mengetahui ada pengaruh prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial siswa yang pembelajarannya dengan menggunakan media LCD PROYEKTOR.(2) Untuk mengetahui ada pengaruh motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial siswa yang pembelajarannya menggunakan media LCD PROYEKTOR terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS. (3) Untuk mengetahui ada tidaknya interaksi pembelajaran menggunakan media LCD PROYEKTOR dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII di MTs Negeri Sampung. Populasi penelitian ini adalah para siswa MTs Negeri Sampung Kecamatan Sampung Kabupaten Ponorogo sejumlah 316 orang siswa. Dari anggota populasi tersebut, diambil sample secara random ( acak ) sejumlah 60 siswa. Cara melakukan acak adalah: pertama - tama dilaksanakan undian kelas dari kelas VII, VIII, IX, yang hasilnya diperoleh kelas VIII.  Data - data penelitian yaitu data angket penggunaan media LCD PROYEKTOR , data angket motivasi belajar dan  data prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial, diperoleh dengan menggunakan skala likert. Selanjutnya data - data penelitian tersebut dianalisis dengan menggunakan teknik regresi ganda SPSS for Windows versi 16.0. Dari analisis data pembelajaran penggunaan media LCD PROYEKTOR siswa diperoleh nilai t hitung = 4.821 tingkat signifikan 0,000 < 0.005 dengan demikian hipotesis 1 diterima secara signifikan. Hasil analisis data motivasi belajar siswa diperoleh nilai t hitung = 7.359 tingkat signifikan 0,000 < 0.005 dengan demikian hipotesis 2 diterima secara signifikan. Hasil analisis regresi ganda pembelajaran penggunaan media LCD PROYEKTOR dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa diperoleh t hitung = 3.233 tingkat signifikan 0.002 < 0.005 dengan demikian  hipotesis 3 diterima secara signifikan. Kesimpulan sebagai temuan hasil penelitian ini adalah (1) Ada pengaruh penggunaan media LCD PROYEKTOR terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas VIII MTs Negeri Sampung. (2) Ada pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VIII MTs Negeri Sampung. (3) Secara bersama-sama ada pengaruh antara pembelajaran penggunaan LCD PROYEKTOR dan Motivasi belajar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas VIII MTs Negeri Sampung kecamatan Sampung  kabupaten Ponorogo.