PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN LCD PROYEKTOR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPS

Authors

  • Samsul Hariadi

Abstract

Secara  umum  penelitian  ini bertujuan untuk mengetahui  pengaruh  pembelajaran  ilmu  pengetahuan  sosial  dengan  menggunakan media LCD PROYEKTOR  dan  motivasi  belajar  terhadap  prestasi  belajar  siswa. Secara  khusus , tujuan  penelitian adalah (1) untuk  mengetahui ada  pengaruh prestasi  belajar  siswa pada mata pelajaran  ilmu  pengetahuan sosial siswa yang pembelajarannya dengan  menggunakan media  LCD PROYEKTOR.(2) Untuk  mengetahui  ada pengaruh motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial siswa yang pembelajarannya menggunakan media  LCD PROYEKTOR terhadap  prestasi  belajar  siswa  pada  mata  pelajaran  IPS. (3) Untuk mengetahui ada tidaknya interaksi pembelajaran  menggunakan media  LCD PROYEKTOR  dan  motivasi belajar  terhadap prestasi belajar  siswa  kelas  VIII di MTs Negeri Sampung. Populasi  penelitian ini adalah para siswa MTs Negeri Sampung Kecamatan Sampung Kabupaten Ponorogo  sejumlah  316  orang siswa. Dari anggota populasi  tersebut, diambil sample  secara random ( acak ) sejumlah 60 siswa. Cara  melakukan  acak adalah: pertama - tama dilaksanakan  undian  kelas dari  kelas VII, VIII, IX, yang  hasilnya  diperoleh  kelas VIII.  Data - data penelitian  yaitu data  angket  penggunaan  media  LCD PROYEKTOR , data  angket  motivasi belajar  dan   data  prestasi  belajar  siswa  pada  mata  pelajaran  ilmu  pengetahuan  sosial, diperoleh  dengan  menggunakan  skala  likert. Selanjutnya  data - data  penelitian tersebut  dianalisis  dengan  menggunakan  teknik  regresi  ganda SPSS for  Windows versi  16.0. Dari  analisis  data  pembelajaran  penggunaan  media  LCD PROYEKTOR  siswa  diperoleh nilai t hitung = 4.821  tingkat signifikan 0,000 < 0.005 dengan demikian hipotesis 1 diterima secara  signifikan. Hasil  analisis  data  motivasi belajar  siswa diperoleh  nilai t hitung = 7.359 tingkat signifikan 0,000 < 0.005 dengan demikian hipotesis  2 diterima secara signifikan. Hasil  analisis  regresi  ganda  pembelajaran  penggunaan  media  LCD PROYEKTOR  dan motivasi  belajar  terhadap  prestasi  belajar  siswa  diperoleh t  hitung = 3.233  tingkat  signifikan 0.002 < 0.005  dengan  demikian   hipotesis  3  diterima  secara  signifikan. Kesimpulan sebagai temuan hasil penelitian ini  adalah (1) Ada pengaruh penggunaan media LCD PROYEKTOR  terhadap prestasi  belajar siswa  mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial  kelas  VIII  MTs Negeri Sampung. (2)  Ada pengaruh  motivasi  belajar  terhadap  prestasi  belajar  siswa  mata  pelajaran  Ilmu Pengetahuan  Sosial  kelas  VIII  MTs Negeri Sampung. (3) Secara  bersama-sama ada  pengaruh antara  pembelajaran  penggunaan  LCD PROYEKTOR  dan  Motivasi  belajar terhadap  prestasi  belajar  pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas  VIII  MTs Negeri Sampung kecamatan  Sampung   kabupaten  Ponorogo.

Downloads

How to Cite

Hariadi, S. (2017). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN LCD PROYEKTOR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPS. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 11(1), 100–110. Retrieved from http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JPPI/article/view/1731

Issue

Section

Articles