PERBEDAAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI METODE PICTURE AND PICTURE DENGAN COMPLETTE SENTENCE SISWA SDN 1 BLEMBEM KABUPATEN PONOROGO

Boniran Boniran

Abstract


Penelitian “Perbedaan Hasil Belajar IPS Melalui Metode Picture And Picture Dengan Complette Sentence Siswa SDN 1 Blembem” yaitu penelitian yang berorientasi pada siswa, dan dapat melibatkan siswa secara aktif, yaitu suatu model pembelajaran dengan bentuk kelompok dengan metode yang interaktif, yang melakukan pemusatan pada pengajaran dan kerjasama antar siswa. Model tersebut adalah model pembelajaran kooperatif dengan metodenya Picture And Picture dan Complette Sentence yang mana bisa membantu siswa dalam mempelajari materi IPS serta memberikan kemudahan dalam memahami isi materi tentunya pada siswa kelas IV SDN 1 Blembem Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar IPS melalui metode picture and picture dengan complette sentence. Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode true eksperimen dengan dasain posttest-only control design. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa SDN 1 Blembem Kecamatan Jambon dengan jumlah 263 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS siswa melalui metode picture and picture dengan complette sentence di SDN 1 Blembem Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo. Perbedaan ini menunjukkan metode picture and picture lebih unggul dibandingkan dengan complette sentence, dikarenakan kondisi siswa SD yang masih suka dengan keterlibatan gambar dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran kooperatif dengan metode picture and picture dan complette sentence sebagai tipe kegiatan pembelajaran yang perlu ditingkatkan secara terus menerus sejalan dengan perkembangan zaman. Oleh sebab itu, diperlukan penelitian yang mendalam tentang hal tersebut agar upaya pengembangan dapat tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan siswa. Sedangkan untuk metode picture and picture mempunyai keunggulan dengan adanya keterlibatan gambar. Selain itu guru juga perlu meningkatkan kemampuannya dalam menguasai berbagai metode seperti metode picture and picture dan complette sentence agar tercipta proses pembelajaran yang efektif.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.