PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA MTS. MIFTAHUL KOTA KEDIRI

Erwiyati Erwiyati

Abstract


Hasil belajar merupakan tolak ukur yang utama untuk mengetahui keberhasilan belajar seseorang. Seorang yang hasil belajar tinggi dapat dikatakan bahwa ia telah berhasil dalam belajar. Hasil belajar Mata pelajaran IPS siswa MTs. Miftahul ‘Ulum Kota Kediri sesuai dengan harapan, Karena pemanfaatan perpustakaan dan motivasin belajar siswa baik. Penelitian “Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa Di MTs. Miftahul Kota Kediri” untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan perpustakaan dengan hasil belajar siswa mata pelajaran IPS di MTs Miftahaul ‘Ulum Kota Kediri, dan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dengan hasil belajar siswa mata pelajaran IPS di MTs. Miftahul ‘Ulum Kota Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional yaitu penelitian yang memberikan gambaran informasi mengenai status suatu gejala yang ada. Sampel yang akan dijadikan responden dalam penelitian ini adalah 20% dari seluruh populasi dengan jumlah 76 siswa. Data dikumpulkan melalui angket dan dianalisis menggunakan teknik deskriptif dan teknik analisis korelasi dengan bantuan aplikasi statistik SPSS release 18.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan perpustakaan oleh siswa termasuk kategori baik , dan motivasi belajar siswa termasuk kategori baik , sedangkan prestasi belajar termasuk dalam kategori baik dengan persentase 77,32 % .Berdasarkan hasil penelitian di atas, disimpulkan bahwa terdapat hubungan signifikan antara pemanfaatan perpustakaan dengan hasil belajar siswa mata pelajaran IPS di MTs. Miftahul ‘Ulum Kota Kediri Dari kesimpulan tersebut disarankan kepada siswa agar dapat meningkatkan pemanfaatan perpustakaan sehingga mereka banyak mendapat informasi tentang pelajaran yang mereka pelajari. Penguasaan materi dengan mereka sering memanfaatkan perpustakaan akan menumbuhkan motivasi belajar yang baik akan meningkatkan prestasi belajar siswa.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, A. 2002. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek, Yogyakarta : PT.Rineka

Cipta. Daryanto. 2010. Belajar Dan Mengajar.Bandung. yrama widya. Djamrah, 2005. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta :

Rineka Cipta. Slameto. 2003. Belajar dan factor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Suminah. 2009. Pengaruh pemanfaatan perpustakaan dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS siswa MTs. Miftahul ‘Ulum Kota Kediri . Tesis, Program Pasca Sajana Universitas Kanjuruhan Malang. Undang-Undang No 20 Tahun 2003 Pasal 3 Tentang Pendidikan Nasional. .


Refbacks

  • There are currently no refbacks.