PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8 DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS (Studi Pada Siswa Kelas VII MTs Negeri Bangil Kab. Pasuruan)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya metode pembelajaran Macromedia Flash 8 dalam meningkatkan semangat belajar sehingga siswa dapat meningkatkan prestasi di sekolah terutama dalam pelajaran IPS, karena nilai IPS siswa tergolong rendah. Oleh karena itu penting adanya metode pembelajaran yang menarik siswa untuk tidak bosan belajar IPS yaitu penggunaan multimediainteraktif berbasis macromedia flash 8. Guru juga harus memberikan motivasi dalam meningkatkan dan mendorong siswa untuk terus belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh secara bersama penggunaan multimedia interaktif berbasis macromedia flash 8 dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS, Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh penggunaan multimedia interaktif berbasis macromedia flash 8 terhadap prestasi belajar IPS, Untuk menganalisis pengaruh pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS(studi pada siswa kelas VII MTs Negeri Bangil Kabupaten Pasuruan). Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari jawaban responden atas kuisioner yang digunakan dalam penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-G, VII-H, VII-I dan VII-J sebanyak 144 siswa. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 64 siswa secara acak mengambil sampel 16 siswa dari masing-masing kelas tersebut. Metode analisis data menggunakan Analisis Regresi Berganda, Uji Normalitas Data, Uji linieritas, Uji Multikolinieritas dan Uji Hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan multimedia interaktif berbasis macromedia flash 8 dan motivasi belajar berpengaruh terhadap peningkatan prestasi siswa MTs Negeri Bangil Kab. Pasuruan khususnya mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Variabel penggunaan multimedia interaktif macromedia flash 8 dan motivasimemiliki nilai determinasi yang cukuptinggi terhadap prestasi siswayaitu sebesar 52,3%. Hal ini mengindikasikan bahwavariabel bebas dalam penelitian ini merupakan faktor yang sangat penting dalam meningkatkan prestasi siswa MTs Negeri Bangil Kab.Pasuruan. Determinasi variabel penggunaan multimedia interaktif macromedia flash 8 dan motivasi sebesar 52,3% dan sisanya sebesar 47,7% dipengaruhi oleh variabel bebas yang lain diluar variabel yang diteliti, karena pada dasarnya masih banyak faktor yang perlu dipertimbangkan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa selain penggunaan multimedia interaktif macromedia flash 8 dan motivasi. Kata kunci: macromedia flash 8, motivasi belajar, prestasi siswa.References
Azhar, Arsyad. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Pers.
Cecep dkk. (2011). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor : Ghalia Indonesia.
Purwanto, Ngalim.(2003), Psikologi Pendidikan.Bandung PT Remaja Rosdakarya.
Sekaran,Uma.(2005). Metodologi Penelitian Untuk Bisnis, Buku 1 Edisi Keempat.Jakarta: Salemba Empat.
Slameto, (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya, Jakarta.Rineka Cipta
Yudhi Munadi. (2008). Media Pembelajaran sebuah pendekatan Baru. Jakarta Gaung Persada Press.
Cecep dkk. (2011). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor : Ghalia Indonesia.
Purwanto, Ngalim.(2003), Psikologi Pendidikan.Bandung PT Remaja Rosdakarya.
Sekaran,Uma.(2005). Metodologi Penelitian Untuk Bisnis, Buku 1 Edisi Keempat.Jakarta: Salemba Empat.
Slameto, (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya, Jakarta.Rineka Cipta
Yudhi Munadi. (2008). Media Pembelajaran sebuah pendekatan Baru. Jakarta Gaung Persada Press.
Downloads
How to Cite
Iflakhah, I. (2017). PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8 DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS (Studi Pada Siswa Kelas VII MTs Negeri Bangil Kab. Pasuruan). Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 11(2), 200–212. Retrieved from http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JPPI/article/view/1892
Issue
Section
Articles