PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS V DI SDN GUGUS SEKOLAH LUMBANG KABUPATEN PASURUAN
Abstract
Abstrak Pada ilmu pengetahuan sosial kajian persoalan-persoalan kehidupan sosial kemasyarakatan yang bersifat praktis sangat berguna bagi siswa sekolah dasar untuk hidup dan kehidupannya masa kini dan masa yang akan datang. Dengan harapan siswa ini nantinya dapat menyadari dan memahami bahwa dia tidak hidup sendirian, tetapi hidup di lingkungan yang luas, jika ingin hidup yang layak. Masalah berikutnya terkait dengan pemilihan dan pendekatan pembelajaran, yang belum banyak menimbulkan keaktifan dan kreatifitas siswa. Hal ini karena masih sering menggunakan pendekatan konvensional, yang pembelajaranya terpusat pada guru, sehingga siswanya menjadi pasif. Jika pembelajarannya dapat mengaktifkan siswa, maka akan menarik dan materi yang banyak tadi bisa secara cepat diserap oleh siswa. Karena mereka antuas, mau belajar dengan sungguh-sungguh. Berangkat dari masalah di atas maka kami tertarik untuk menerapkan model pembelajaran kontekstual yang dipandang dapat membantu siswa aktif dalam kegiatan belajar dan mengajar. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh pemebelajaran kontekstual terhadap prestasi belajar llmu Pengetahuan Sosial. Untuk mengetahui adanya pengaruh minat belajar siswa terhadap prestasi belajar llmu Pengetahuan Sosial. Untuk mengetahui adanya pengaruh pembelajaran kontekstual dan minat belajar siswa secara secara simulltan terhadap prestasi belajar siswa kelas IV SDN lumbang I Kecamatan Lumbang Kabupaten Pasuruan tahun pelajaran 2016-2017.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif yang berlandaskan pada filsafat positivisme, digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat kuantitatif/statistik, dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh pembelajaran kontekstual dan minat belajar siswa secara simultan terhadap prestasi belajar siswa kelas IV SDN lumbang I Kecamatan Lumbang Kabupaten Pasuruan. Persepsi siswa tentang model pembelajaran kontekstual mempunyai sumbangan yang efektif lebih besar daripada minat belajar siswa terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran IPS terpadu meskipun belum secara maksimal sepenuhnya. Kata Kunci: Pembelajaran Kontestual, Minat belajar Siswa dan Prestasi Belajar Siswa Abstract The study "Effects of Contextual Learning Implementation and Interest Student Learning Achievement Terhahadap Science Class V SDN I Sub Lumbang Lumbang Pasuruan in the academic year 2016-2017." In social science study of the problems of social life that is practically very useful for school students basis for life and the life of the present and the future. With hope these students will be able to realize and understand that she does not live alone, but living in a spacious environment, if you want a decent life. The next issue related to the selection and learning approach, which has not generated a lot of activity and creativity of students. This is because they often use the conventional approach, which pembelajaranya centered on the teacher, so that students become passive. If learning can enable students, it will be interesting and a lot of material that had to be quickly absorbed by the students. Because they antuas, willing to learn in earnest. Departing from the above problems then we are interested to apply contextual learning model which is seen to help students actively in learning and teaching activities. The purpose of this study was to determine how the contextual pemebelajaran influence on the learning achievement of Social Sciences. To determine the influence of student interest towards learning achievement of Social Sciences. To determine the influence of contextual learning and students' learning interest in simulltan on student achievement grade IV SDN I Sub Lumbang Lumbang Pasuruan in the academic year 2016-2017. The method used in this research is a quantitative method that is based on the philosophy of positivism, is used to examine the population or a particular sample, data collection using research instruments, quantitative data analysis / statistics, with the aim to test the hypothesis that has been set. The results showed the influence of contextual learning and student interest simultaneously on student achievement grade IV SDN I Sub Lumbang Lumbang Pasuruan. Students' perceptions about contextual learning model has an effective contribution is greater than the interest of student learning to the student achievement in social studies though not optimally integrated fully. Keywords: Learning Kontestual, Interest in learning Students and Student AchievementReferences
Ahmad Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Abu Ahmadi, Widoso, Supriyono. (2013). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Bayu Pamungkas, (2013). Jurnal Pendidikan Luar Biasa Pengaruh Pembelajaran Kontekstual terhadap Membaca Permulaan Berkesulitan Belajar Melalui Inklusi Model Cluster Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Djaali, H. 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Harun Rasyid, Drs.Mansyur, (2008). Penilaian Hasil Belajar. Bandung: CV Wacn Prima.
I Nyoman Sudana Degeng, (2013), Ilmu Pembelajaran. Bandung: Aras Media.
Ida djarwati. 2015. Jurnal Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Dalam Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. PGSD FIP Universitas Negeri Surabaya. Dipublikasikan Vol, No 2.
Indra Gunawan, 2014. Pengaruh Disiplin dan Minat Belajar Terhadap Prestasi \Belajar siswa kelas IV, V, dan VI SDN 004 Mantang Kecamatan Mantang Kabupaten Bintan. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Program Pasca Sarjana Universitas Kanjuruhan Malang.
Muhibbin Syah, (2008). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Oemar Hamalik, 2009. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara
Permendiknas Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006
Slameto (2013) Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sumiati, Astra, 2008Motode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima
Sardiman, (2007). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Wali Pers
. .
Semin, 2009 Keefektipan Penerapan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Terhadap Prestasi Ilmu Pengetahuan Sosial di Tinjau dari Ilmu Sosial Tesis di publikasikan. Universitas Sebelas Maret.
Slameto, (2010). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiono. (2009) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Alfabeta Bandung
Sugiono. (2015) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Alfabeta Bandung
Tribudiharjo. 2013 Jurnal Pengaruh model Pembelajaran Kontekstual Terhadap hasil belajar Matematika. PGSD FKIP Univeritas Sebelas Maret. Dipublikasikan Vol 1 No 6
Zainal Aqib. (2015). Model-model Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widiya
Abu Ahmadi, Widoso, Supriyono. (2013). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Bayu Pamungkas, (2013). Jurnal Pendidikan Luar Biasa Pengaruh Pembelajaran Kontekstual terhadap Membaca Permulaan Berkesulitan Belajar Melalui Inklusi Model Cluster Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Djaali, H. 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Harun Rasyid, Drs.Mansyur, (2008). Penilaian Hasil Belajar. Bandung: CV Wacn Prima.
I Nyoman Sudana Degeng, (2013), Ilmu Pembelajaran. Bandung: Aras Media.
Ida djarwati. 2015. Jurnal Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Dalam Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. PGSD FIP Universitas Negeri Surabaya. Dipublikasikan Vol, No 2.
Indra Gunawan, 2014. Pengaruh Disiplin dan Minat Belajar Terhadap Prestasi \Belajar siswa kelas IV, V, dan VI SDN 004 Mantang Kecamatan Mantang Kabupaten Bintan. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Program Pasca Sarjana Universitas Kanjuruhan Malang.
Muhibbin Syah, (2008). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Oemar Hamalik, 2009. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara
Permendiknas Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006
Slameto (2013) Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sumiati, Astra, 2008Motode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima
Sardiman, (2007). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Wali Pers
. .
Semin, 2009 Keefektipan Penerapan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Terhadap Prestasi Ilmu Pengetahuan Sosial di Tinjau dari Ilmu Sosial Tesis di publikasikan. Universitas Sebelas Maret.
Slameto, (2010). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiono. (2009) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Alfabeta Bandung
Sugiono. (2015) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Alfabeta Bandung
Tribudiharjo. 2013 Jurnal Pengaruh model Pembelajaran Kontekstual Terhadap hasil belajar Matematika. PGSD FKIP Univeritas Sebelas Maret. Dipublikasikan Vol 1 No 6
Zainal Aqib. (2015). Model-model Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widiya
Downloads
How to Cite
Radi, R. (2017). PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS V DI SDN GUGUS SEKOLAH LUMBANG KABUPATEN PASURUAN. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 11(2), 213–235. Retrieved from http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JPPI/article/view/1893
Issue
Section
Articles