MUATAN NILAI-NILAI KARAKTER PADABUKU TEKS PELAJARAN ILMUPENGETAHUAN SOSIAL TERPADU KELAS II SEKOLAH DASAR

  • Moh. Tohir Universitas Kanjuruhan Malang
  • Sa’dun Akbar Universitas Kanjuruhan Malang
  • Sujito Sujito Universitas Kanjuruhan Malang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : (1) muatan nilai-nilai karakter yang terdapat pada tujuan, uraian materi, soal latihan/penugasan, dan uji kompetensi (2) relevansi/konsistensi nilai-nilai karakter antara fokus pengembangan nilai-nilai karakter dengan bagian-bagian buku yang terdapat pada buku teks pelajaran ilmu pengetahuan sosial terpadu kelas II sekolah dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan rancangan analisis konten yang dilaksanakan melalui tiga tahap analisis (1) analisis pra lapangan (2) analisis selama di lapangan; yaitu (a) reduksi data; (b) pengumpulan data; (c) penentuan sampel; (d) pencatatan; (e) penarikan kesimpulan; dan (f) mendeskripsikan hasil penelitian (3) analisis selesai di lapangan; yaitu (a) analisis domain (b) analisis taksonomi (c) analisis komponensial (d) analisis tema. Untuk pengecekan temuan dilakukan dengan cara : (1) perpanjangan keikutsertaan, (2) ketekunan pengamatan (3) triagulasi (4) pengecekan sejawat (5) kajian kasus negatif (6) pengecekan anggoota (7) uraian rinci (8) audit kebergantungan. Sumber data dalam penelitian ini adalah Buku Teks Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu Kelas II Sekolah Dasar terbitan Erlangga Karya Tim Bina Karya Guru yang terdiri dari enam bab, sedangkan obyeknya adalah muatan nilai-nilai yang terkandung dalam seluruh bagian buku. Instrumen pengumpulan data menggunakan rubrik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) buku teks pelajaran IPS terpadu dalam setiap bab mengandung muatan nilai-nilai karakter dengan jumlah yang bervariasi dan persebaran kurang merata, bahkan nilai karakter tersebut ada yang tidak muncul (2) ditemukan nilai-nilai karakter yang tidak sesuai dengan UU no 20 tahun 2003; (3) teknik penyajian nilai-nilai karakter yang relevan/konsisten dan tidak relevan/konsisten antara fokus pengembangan nilai-nilai karakter dengan bagian-bagian buku dengan cara: (a) pengungkapan dan pengintegrasian nilai-nilai karakter dengan menggunakan lagu, cerita, dan drama untuk memunculkan nilai-nilai karakter; (c) mengubah hal-hal negatif menjadi positif; serta (d) melakukan praktik lapangan untuk memunculkan nilai-nilai karakter. Kata Kunci: Nilai-nilai karakter, Buku teks, IPS, Sekolah Dasar.

References

Akbar, 2015. Pendidikan Karakter : Best Practices. Malang. Universitas Negeri Malang.

Birsyada, 2016. Dasar-dasar Pendidikan IPS (suatu pendekatan teoretis dan praktis). Yogyakarta. Ombak (anggota IKAPI)

Damayanti, S., & Wibowo, U. 2014.”Evaluasi Program Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Kabupaten Kulon Proogo”. Jurnal Prima Edukasia, 2 (2), 223-234.

Darmadi, Hamid. 2012. Dasar Konsep Pendidikan Moral. 8433-42-9. Bandung : Alfabeta, CV.

Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar, 2016. Dinamika Kurikulum / Perubahan KI & KD Sekolah Dasar. 27.02.2016. Jakarta.Kemendikbud

Krippendorff, K. 2013. Content Analysis an Introduction to Its Methodology. United States of America: Sage

Nucci, Larry P. 2015. Handbook of Moral and Character Education (terjemahan). 1305-86-0. Bandung : Nusa Media

Mikarsa dkk, 2007. Pendidikan Anak di SD. Jakarta. Universitas Terbuka

Moleong 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya

Muslich, M. 2010. Text Book Writing: Dasar-dasar Pemahaman, Penulisan, dan Pemakaian Buku Teks. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Peraturan Menteri Pendidikan Nomor 54 Tahun 2013, tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Pamungkas, M. Imam. 2012. Akhlak Muslim Modern Membangun Karakter Generasi Muda.Bandung : Marja.

Suseno, Frans Magnis. 1987. Etika Dasar. 413-199-7. Yogyakarta : PT. Kanisius.

Sagala, Syaiful. 2013. Etika & Moralitas Pendidikan (Peluang dan Tantangan). 7985-46-9. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Salahudin, Anas. 2013. Pendidikan Karakter. 076-366-1. Bandung : CV. Pustaka Setia.

Sugiono 2014. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : CV. Alvabeta

Sugiono. 2016. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung : CV. Alvabeta

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. 7985-11-7. Jakarta Kencana Prenada Group.

Sapriya, 2015. Pendidikan IPS (konsep dan pembelajaran). Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Tilaar 2000. Paradigma Baru Pendidikan Nasional. Jakarta : rineka Cipta
UPI, Tim Pengembang Ilmu Pendidikan. 2007. Ilmu & Aplikasi Pendidikan Bagian 3. 16173-0-7. Bandung. PT. Imtima.

Undang-undang SISDIKNAS No. 20 Tahun 2003 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Wahab, Abdul Azis. 2012. Metode dan Model-model Mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). 8433-54-2. Bandung : CV. Alfabeta.

Zuhairi dkk. 2004. Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta : Bumi Aksara

Zubaidah, E. 2013. “Pemilihan Nilai Karakter dalam Cerita Anak dan Teknik Penceritaannya”. Jurnal Pendidikan Anak, 2 301-311.
How to Cite
Tohir, M., Akbar, S., & Sujito, S. (1). MUATAN NILAI-NILAI KARAKTER PADABUKU TEKS PELAJARAN ILMUPENGETAHUAN SOSIAL TERPADU KELAS II SEKOLAH DASAR. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 11(2), 236-252. Retrieved from http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JPPI/article/view/1894
Section
Articles