PENGARUH INTELLIGENCE QUOTIENT ( IQ ) , PERHATIAN ORANG TUA DAN KEDISIPLINAN SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS ( Study di SDN Jatimulyo 3 Kecamatan Lowokwaru Kota Malang )
Abstract
Penelitian “ Pengaruh Intelligence Quotient ( Iq ) , Perhatian Orang Tua Dan Kedisiplinan Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPS†yaitu penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa bagaimana pengaruh IQ, Perhatian Orang Tua, dan kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar IPS siswa – siswi kelas 5 dan 6 SDN Jatimulyo 3 Kecamatan Lowokwaru Kota Malang Tahun Pelajaran 2016 – 2017, baik secara Parsial atau Simultan. Penelitian ini dilatar belakangi nilai IPS semester 2 lebih rendah dari pada nilai PPKN. Rendahnya nilai – nilai tersebut bisa disebabkan dari dalam diri siswa ( faktor intern ) dan faktor dari luar ( ektern ). Selain dari rendahnya nilai IPS juga dilatar belakangi beberapa pendapat dari para ahli bahwa IQ, Perhatian orang tua dan kedisiplinan siswa dapat mempengaruhi dan meningkatkan prestasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa – siswi kelas 5 dan 6 SDN Jatimulyo 3 tahun pelajaran 2016 – 2017 dengan jumlah 68 siswa terdiri dari kelas 5 ada 31 siswa dan kelas 6 ada 37 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel jenuh. Instrumen dalam penelitian ini adalah dokumen dan angket. Dokumen untuk mencari data tentang IQ dan prestasi belajar siswa. Angket atau kuesioner untuk mencari data tentang perhatian orang tua dan kedisplinan siswa. Angket dibuat dengan skala likert Jumlah soal variabel perhatian orang tua ada 12 soal dan variabel kedisiplinan siswa ada 13 soal. Hasil dalam penelitian berdasarkan uji F (simultan) mempunyai pengaruh yang signifikan sebesar 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dalam uji t ( Parsial ) yaitu pengaruh variabel IQ terhadap prestasi belajar adalah nilai signifikan atau p value 0.039 < 0,005 dan t hitung 2,105 > t tabel 1,998 maka H0 ditolak dan H1 diterima. IQ berpengaruh terhadap prestasi belajar. Pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar adalah signifikan atau p value 0.039 < 0,005 dan t hitung 2,105 > t tabel 1,998 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Perhatian orang tua berpengaruh terhadap prestasi belajar. Pengaruh kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar adalah nilai signifikan atau p value 0.031 < 0,005 dan t hitung 2,205 > t tabel 1,998 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Kedisiplinan siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar. Hasil output SPSS koefisien korelasi sebesar 0,820 hal ini menunjukkan hubungan antara variabel – variabel sangat kuat. Nilai diterminasi 0,673 atau 67,3% hal ini memberikan arti bahwa iq, perhatian orang tua dan kedisiplinan siswa mempengaruhi prestasi belajar sebesar 67,3% dan sisanya 32,7% dipengaruhi oleh variabel lain. Kata Kunci :Intelligence Quotient ( Iq ) , Perhatian Orang Tua , Kedisiplinan Siswa dan Prestasi BelajarReferences
Andi, 2010. Mudah belajar statistik
dengan SPSS 18. Semarang : Wahana Komputer.
Arikunto, Suharsimi,2013, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1975. Kamus Besar Bahasa Indonesia , Jakarta: Balai Pustaka. Eprints.uny.ac.id/13292/
Fathoni, Abdurrahmat DV, 2006. Organisasi dan Manajemen Sumber Daya Manusia,PT. Rineka Cipta, Bandung
http://www.sekolahdasar.net/2009/10/kecerdasan-intelektual-iq kecerdasan.html#ixzz4KwVf8mM4
Sugiyono,2015, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Neolaka. Amos, 2014. Metode Penelitian dan Statistik. Jogjakarta. Remaja Rosdakarya
Ormrod, Jeanne.Ellis, 2008. Psikologi Pendidikan Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang. Jakarta : Erlangga.
Sunar, Dwi, 2010, Edisi Lengkap Tes IQ, EQ dan SQ .Jogjakarta : Flashbooks.
Suryabrata, Sumadi. 1998. Psikologi Pendidikan. Jakarta; PT Raja GrafindoPersada
Tu’u, Tulus. 2004 Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta; Genesindo
Priyatno,Duwi, 2013. Analisis korelasi, regresi dan multivariate dengan SPSS.Yogyakarta : Gava Media.
Prawira, Purwa. Atmaja, 2012. Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Baru. Jogjakarta : Ar-Ruzz Media.
dengan SPSS 18. Semarang : Wahana Komputer.
Arikunto, Suharsimi,2013, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1975. Kamus Besar Bahasa Indonesia , Jakarta: Balai Pustaka. Eprints.uny.ac.id/13292/
Fathoni, Abdurrahmat DV, 2006. Organisasi dan Manajemen Sumber Daya Manusia,PT. Rineka Cipta, Bandung
http://www.sekolahdasar.net/2009/10/kecerdasan-intelektual-iq kecerdasan.html#ixzz4KwVf8mM4
Sugiyono,2015, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Neolaka. Amos, 2014. Metode Penelitian dan Statistik. Jogjakarta. Remaja Rosdakarya
Ormrod, Jeanne.Ellis, 2008. Psikologi Pendidikan Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang. Jakarta : Erlangga.
Sunar, Dwi, 2010, Edisi Lengkap Tes IQ, EQ dan SQ .Jogjakarta : Flashbooks.
Suryabrata, Sumadi. 1998. Psikologi Pendidikan. Jakarta; PT Raja GrafindoPersada
Tu’u, Tulus. 2004 Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta; Genesindo
Priyatno,Duwi, 2013. Analisis korelasi, regresi dan multivariate dengan SPSS.Yogyakarta : Gava Media.
Prawira, Purwa. Atmaja, 2012. Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Baru. Jogjakarta : Ar-Ruzz Media.
Downloads
How to Cite
Mulyati, S. (2017). PENGARUH INTELLIGENCE QUOTIENT ( IQ ) , PERHATIAN ORANG TUA DAN KEDISIPLINAN SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS ( Study di SDN Jatimulyo 3 Kecamatan Lowokwaru Kota Malang ). Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 11(2), 267–280. Retrieved from http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JPPI/article/view/1897
Issue
Section
Articles