Pengaruh Pelatihan Guru, Motivasi Kerja Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri 2 Ambon

Authors

  • Herodia Totween Helniha SMAN 2 Ambon, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21067/jppi.v13i2.4750

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh  pelatihan guru, motivasi kerja dan kepuasan kerja secara parsial dan silmultan terhadap kinerja guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain survei. Populasi dalam penelitian ini adalah guru SMA Negeri 2 Ambon. Sampel penelitian berjumlah 72 guru dengan populasi berjumlah 72 guru. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Untuk menguji validitas dan reliabilitas instrumen dilakukan uji dengan rumus Cronbach Alpha. Sedangkan untuk uji hipotesis digunakan uji t dan Uji F. Sebelum dilakukan uji analisis regresi, digunakan terlebih dahulu uji asumsi klasik. Berdasarkan serangkaian uji instrument, uji hipotesis  dan uji analisis, maka instrumen dan data penelitian ini telah memenuhi syarat uji statistik regresi yang dipersyaratkan. Berdasarkan hasil penelitian, maka diketahui ada pengaruh yang signifikan  pelatihan guru terhadap kinerja guru  di SMA Negeri 2 Ambon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif  pelatihan guru terhadap kinerja guru  SMA Negeri 2 Ambon. Ada pengaruh yang signifikan dari motivasi kerja guru terhadap kinerja guru  di SMA Negeri 2 Ambon. Ada pengaruh yang signifikan kepuasan kerja terhadap kinerja guru  di SMA Negeri 2   Ambon. Hal ini ditunjukkan dengan signifikansi  yang memenuhi syarat pada taraf signifikansi sebesar 0,00. Persamaan garis menunjukan linier yang terbentuk antara variable kepuasan kerja (X3) dengan kinerja guru. Hasil statistic tersebut menunjukkan bahwa kepuasan kerja dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap kinerja guru, artinya makin baik kepuasan kerja, maka akan semakin meningkat pula kinerja guru.

References

Ahmadianzah, Reza (2016).Pengaruh motivasi kerja dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru SMK Muhammadyah Salatiga. Jurnal. Mahasiswa Pascasarjana Magister Sains Psikologi UKSW

Sujarweni V. Wiratna, (2018). Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi Pendekatan Kuantitatif.PT.Pustaka Baru Press, Yokyakarta

Arikunto, Suharsimi, (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT. Rineka Cipta. Jakarta.

Cholilah, (2008). Pengaruh Motivasi Mengajar dan Kemampuan Mengajar Terhadap Prestasi Kerja Guru SD Negeri di Gugus II Kecamatan Sidayu. Tesis. Universitas Kanjuruhan. Malang.

Dimyati, (2006), Belajar dan Pembelajaran, Rineka Cipta, Jakarta

Djamara, SB dan Zain,S. (2002) Strategi Belajar Mengajar, Rineka Cipta, Jakarta

Darsono, (2000), Belajar dan Pembelajaran, IKIP Semarang Press, Semarang

Ghozali, Imam. (2001. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Badan Penerbitan Universitas Diponegoro, Semarang

_________ (2009). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Badan Penerbitan Universitas Diponegoro, Semarang

_________ (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Badan Penerbitan Universitas Diponegoro, Semarang

Hamalik, Oemar (1990) Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Bumi Aksara, Jakarta

_________. (2003). Proses Belajar Mengajar, Jakarta.

_________. (2008). Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi, Jakarta.

Hasbulah, (1994) Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya, Rineka Cipta, Jakarta.

Munandar, (2007), Guru Profesional, Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Permendiknas No 16, (2007), Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru, Jakarta

Poerwodaminto, WJS (2005) Kamus Umum Bahasa Indonesia, Edisi ketiga, Cetakan pertama, Balai Pustaka, Jakarta.

Swardi, (2008), Guru yang Profesional, Balai Pustaka, Jakarta

Swandi, (2008), Manajemen Pembelajaran (Menciptakan Guru Kreatif dan Berkompetensi), Tempina Media Grafika, Surabaya.

Sudjana. (1992). Metoda Statistika, Bandung.

------------- (2002), Teknologi Pengajaran, Sinar Baru Algesindo, Bandung

Suparno, (2000), Dasar-dasar Linguistik Umum, Tiara Wacana, Jakarta

Santoso Singgih. 2001 Buku Latihan SPSS 12.0 dan Disket, Elek Media. Jakarta

Sugiyono, (2008), Metode Penelitian Pendidikan, Alfabeta, Bandung

------------- (2014), Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta.

Soeparno (2002) Pengaruh motivasi kerja dan kompetensi guru terhadap hasil belajar siswa SMP PGRI Tulungagung

Sardiman, A.M. (2000), Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Rajawali Pers, Bandung.

-------------, (2001), Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Rajawali, Jakarta

-------------, (2008), Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta

Slameto, (2003). Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhi, Rineka Cipta, Jakarta

Undang – undang No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Undang – undang No 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen

Uno, Hamzah B. 2008. Teori Motivasi dan Pengukuran, Bumi Aksara, Jakarta

Uno, Hamzah B dan Lamatenggo, Nina. 2016. Tugas Guru dalam Pembelajaran, Bumi Aksara, Jakarta.

Downloads

Published

2020-09-21

How to Cite

Totween Helniha, H. (2020). Pengaruh Pelatihan Guru, Motivasi Kerja Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri 2 Ambon. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 13(2), 25–34. https://doi.org/10.21067/jppi.v13i2.4750

Issue

Section

Articles