Pengaruh Pelatihan Guru, Motivasi Kerja Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri 2 Ambon
DOI:
https://doi.org/10.21067/jppi.v13i2.4750Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pelatihan guru, motivasi kerja dan kepuasan kerja secara parsial dan silmultan terhadap kinerja guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain survei. Populasi dalam penelitian ini adalah guru SMA Negeri 2 Ambon. Sampel penelitian berjumlah 72 guru dengan populasi berjumlah 72 guru. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Untuk menguji validitas dan reliabilitas instrumen dilakukan uji dengan rumus Cronbach Alpha. Sedangkan untuk uji hipotesis digunakan uji t dan Uji F. Sebelum dilakukan uji analisis regresi, digunakan terlebih dahulu uji asumsi klasik. Berdasarkan serangkaian uji instrument, uji hipotesis dan uji analisis, maka instrumen dan data penelitian ini telah memenuhi syarat uji statistik regresi yang dipersyaratkan. Berdasarkan hasil penelitian, maka diketahui ada pengaruh yang signifikan pelatihan guru terhadap kinerja guru di SMA Negeri 2 Ambon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif pelatihan guru terhadap kinerja guru SMA Negeri 2 Ambon. Ada pengaruh yang signifikan dari motivasi kerja guru terhadap kinerja guru di SMA Negeri 2 Ambon. Ada pengaruh yang signifikan kepuasan kerja terhadap kinerja guru di SMA Negeri 2 Ambon. Hal ini ditunjukkan dengan signifikansi yang memenuhi syarat pada taraf signifikansi sebesar 0,00. Persamaan garis menunjukan linier yang terbentuk antara variable kepuasan kerja (X3) dengan kinerja guru. Hasil statistic tersebut menunjukkan bahwa kepuasan kerja dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap kinerja guru, artinya makin baik kepuasan kerja, maka akan semakin meningkat pula kinerja guru.
References
Ahmadianzah, Reza (2016).Pengaruh motivasi kerja dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru SMK Muhammadyah Salatiga. Jurnal. Mahasiswa Pascasarjana Magister Sains Psikologi UKSW
Sujarweni V. Wiratna, (2018). Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi Pendekatan Kuantitatif.PT.Pustaka Baru Press, Yokyakarta
Arikunto, Suharsimi, (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT. Rineka Cipta. Jakarta.
Cholilah, (2008). Pengaruh Motivasi Mengajar dan Kemampuan Mengajar Terhadap Prestasi Kerja Guru SD Negeri di Gugus II Kecamatan Sidayu. Tesis. Universitas Kanjuruhan. Malang.
Dimyati, (2006), Belajar dan Pembelajaran, Rineka Cipta, Jakarta
Djamara, SB dan Zain,S. (2002) Strategi Belajar Mengajar, Rineka Cipta, Jakarta
Darsono, (2000), Belajar dan Pembelajaran, IKIP Semarang Press, Semarang
Ghozali, Imam. (2001. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Badan Penerbitan Universitas Diponegoro, Semarang
_________ (2009). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Badan Penerbitan Universitas Diponegoro, Semarang
_________ (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Badan Penerbitan Universitas Diponegoro, Semarang
Hamalik, Oemar (1990) Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Bumi Aksara, Jakarta
_________. (2003). Proses Belajar Mengajar, Jakarta.
_________. (2008). Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi, Jakarta.
Hasbulah, (1994) Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya, Rineka Cipta, Jakarta.
Munandar, (2007), Guru Profesional, Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Permendiknas No 16, (2007), Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru, Jakarta
Poerwodaminto, WJS (2005) Kamus Umum Bahasa Indonesia, Edisi ketiga, Cetakan pertama, Balai Pustaka, Jakarta.
Swardi, (2008), Guru yang Profesional, Balai Pustaka, Jakarta
Swandi, (2008), Manajemen Pembelajaran (Menciptakan Guru Kreatif dan Berkompetensi), Tempina Media Grafika, Surabaya.
Sudjana. (1992). Metoda Statistika, Bandung.
------------- (2002), Teknologi Pengajaran, Sinar Baru Algesindo, Bandung
Suparno, (2000), Dasar-dasar Linguistik Umum, Tiara Wacana, Jakarta
Santoso Singgih. 2001 Buku Latihan SPSS 12.0 dan Disket, Elek Media. Jakarta
Sugiyono, (2008), Metode Penelitian Pendidikan, Alfabeta, Bandung
------------- (2014), Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta.
Soeparno (2002) Pengaruh motivasi kerja dan kompetensi guru terhadap hasil belajar siswa SMP PGRI Tulungagung
Sardiman, A.M. (2000), Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Rajawali Pers, Bandung.
-------------, (2001), Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Rajawali, Jakarta
-------------, (2008), Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta
Slameto, (2003). Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhi, Rineka Cipta, Jakarta
Undang – undang No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Undang – undang No 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen
Uno, Hamzah B. 2008. Teori Motivasi dan Pengukuran, Bumi Aksara, Jakarta
Uno, Hamzah B dan Lamatenggo, Nina. 2016. Tugas Guru dalam Pembelajaran, Bumi Aksara, Jakarta.