Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa
Abstract
Hasil belajar siswa merupakan dokumen hasil serangkaian proses belajar siswa yang telah berlangsung dalam periode waktu tertentu. Intelegent Quotient (IQ) merupakan faktor yang menentukan keberhasilan siswa dalam hasil belajarnya. Model Problem Based Learning (PBL) merupakan salah satu model pembelajaran yang digunakan oleh guru Sosiologi pada siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 10 Malang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh IQ, Model PBL dan Motivasi Siswa secara parsial dan simultan terhadap hasil belajar mata pelajaran Sosiologi kelas XI IPS di SMA Negeri 10 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian expo-facto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Data dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda menggunakan software SPSS ver. 18. Hasil dari penelitian ini adalah, ketiga variabel bebas (IQ, Model PBL, dan Motivasi Siswa) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat (hasil belajar).Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar dipengaruhi oleh tingkat intelegensi (IQ) siswa. Variabel Model PBL dan Motivasi Siswa tidak berpengaruh secara simultan dan signifikan terhadap hasil belajar. Hal ini menunjukkan model PBL bukanlah satu-satunya model pembelajaran yang mampu mempengaruhi hasil belajar siswa. Diperlukan model pembelajaran selain model PBL yang mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Selain model PBL, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut tentang motivasi belajar siswa