Motivasi Kerja Dan Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri Rayon 1 Sabatu
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui apakah ada pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru pada SMP Negeri Rayon 1 Sabatu. (2) Mengetahui apakah ada pengaruh kepemimpinan situasional kepala sekolah terhadap kinerja guru pada SMP Negeri Rayon 1 Sabatu. (3) Mengetahui apakah ada pengaruh motivasi kerja dan kepemimpinan situasional kepala sekolah secara simultan terhadap kinerja guru pada SMP Negeri Rayon 1 Sabatu. Populasi dalam penelitian ini adalah guru- guru SMP Negeri Rayon 1 Sabatu dengan populasi berjumlah 120 orang.Berdasarkan hasil penelitian di SMP Negeri Rayon 1 Sabatu ditemukan adanya indikasi kelemahan. Oleh karena itu perlu diberikan saran sebagai berikut: 1) Motivasi kerja dapat mempengaruhi kinerja guru, oleh sebab itu motivasi kerja sangat penting bagi seorang guru. 2) Selain motivasi kerja, maka untuk meningkatkan kinerja guru juga dipengaruhi kepemimpinan situasional kepala sekolah. Hal ini mengandung arti bahwa apapun upaya yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam memimpin sekolah tersebut hendaknya lebih memperhatikan hal-hal yang dibutuhkan oleh guru dalam proses pembelajaran disekolah. 3) Selain itu untuk meningkatkan kinerja guru dibutuhkan peran sentral dan strategis dari pengawas sekolah dan pemerintah dalam hal ini dinas pendidikan untuk terus memberikan bimbingan, petunjuk dan arahan sesuai tugas dan fungsi masing-masing agar kinerja guru dapat selalu terus meningkat dan berjalan secara optimal di sekolah. 4) Karena kinerja guru dipengaruhi oleh banyak faktor selain variabel motivasi kerja dan variabel kepemimpinan situasional kepala sekolah, maka faktor-faktor lain yang mempengaruhi tersebut dapat dipertimbangkan menjadi bahan penelitian bagi peneliti selanjutnya.