Kompetensi Pedagogik Guru, Minat, Dan Fasilitas Belajar: Pengaruh Terhadap Prestasi Belajar IPS
Abstract
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh yang positif antara kompetensi pedagogik guru, minat belajar, dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar IPS secarasimultandanparsial. Penelitian ini bersifat kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui korelasi maisng-masing variabel bebas terhadap variabel terikat dengan penggunaan angka dalam pengumpulan data, penafsiran terhadap data tersebut, dan penampilan dari hasilnya. Sehingga penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif deskriptif.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI yang ada di Gugus 2 Kecamatan Selorejo Kabupaten Blitar yang berjumlah 220 orang. Karena jumlah populasi terlalu besar makataraf ukur 30% sehingga diperoleh 69 siswa sebagai sampel .Hasilpengujian yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa variable bebas yakni kompetensi pedagogik guru (X1), minat belajar (X2), dan fasilitas belajar (X3) berpengaruh signifikan secara simultan terhadap prestasi belajar IPS di SDN Gugus 2 Kecamatan Selorejo Kabupaten Blitar. Variabel fasilitas belajar memiliki kontribusi terbesar terhadap prestasi belajar IPS yakni sebesar 0,709. Variabel kompetensi pedagogik guru, minat belajar dan fasilitas belajar mampu menjelaskan variabel prestasi belajar sebesar 66,7%.