Pengaruh Perhatian Orang Tua, Kemandirian Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa SMP Negeri 14 Baubau

Authors

  • Wa Ode Sitti Nadia A. Silea SMP Negeri 14 Baubau

Abstract

Pengaruh Perhatian Orang Tua, Kemandirian dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Smp Negeri 14 Baubau.Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis  adalah: (1) Pengaruh perhatian orang tua, kemandirian belajar dan motivasi  belajar secara simultan terhadap hasil belajar IPS siswa SMP Negeri 14 Baubau, (2) Pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil  belajar IPS siswa SMP Negeri 14 Baubau, (3) Pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil  belajar IPS siswa SMP Negeri 14 Baubau, dan (4) Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil  belajar IPS siswa SMP Negeri 14 Baubau.

Penelitian ini juga menggunakan rancangan non eksperimen atau ex post facto. Termasuk non eksperimen karena dalam penelitian ini tidak menggunakan perlakuan terhadap variabel penelitian melainkan mengkaji fakta-fakta yang telah terjadi dan pernah dilakukan oleh subjek penelitian. Ex post facto artinya merupakan pencarian empiris yang sistematik di mana peneliti tidak dapat mengontrol langsung variabel bebas karena peristiwanya telah terjadi atau menurut sifatnya tidak dapat dimanipulasi.

Simpulan dalam hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) Ada pengaruh diantara perhatian orang tua, kemandirian, dan motivasi belajar terhadap hasil belajar hal ini menunjukan melalui hasil pengujian keberartian regresi, dimana Fhitung = 6,026 ˃ Ftabel (dk,2:33) = 1,697 taraf nyata 0,05, (2) Ada pengaruh yang signifikan diantara perhatian orang tua terhadap hasil belajar hal ini ditunjukan melalui hasil mengujian keberartian regresi, dimana thitung = 2,121, dengan nilai signifikan sebesar 0,043 lebih kecil daripada nilai alfa sebesar 0,05, (3) Ada pengaruh yang signifikan antara kemandirian belajar siswa terhadap hasil belajar hal ini menunjukan melalui hasil mengujian keberartian regresi, dimana thitung= 4,205 dengan nilai signifikan sebesar 0,000 lebih kecil daripada nilai alfa 0,05, dan (4) Ada pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar hal ini menunjukan melalui hasil mengujian keberartian regresi, dimana thitung= 3,720 dengan nilai signifikan sebesar 0,001 lebih kecil daripada nilai alfa 0,05

Downloads

Published

2020-09-21

How to Cite

A. Silea, W. O. S. N. . (2020). Pengaruh Perhatian Orang Tua, Kemandirian Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa SMP Negeri 14 Baubau. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 12(2), 42–46. Retrieved from http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JPPI/article/view/4844

Issue

Section

Articles