Kinerja Guru : Ditinjau Dari Perilaku Kepemimpinan, Supervisi Akademik Dan Pengalaman Mengajar
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh prilaku kepemimpinan, supervisi akademik dan pengalaman mengajar terhadap kinerja guru secara simultan maupun parsial SMP Negeri di Sub Rayon 7 Kabupaten Pasuruan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, semua informasi atau data yang diperoleh diwujudkan dengan angka dan analisis yang digunakan adalah analisis statistik. Metode penelitian menggunakan Analisis regresilinier berganda yang pada dasarnya bertujuan mengetahui seberapa besar pengaruh antara empat variabel. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 93 guru yang berasal dari SMP Negeri di Sub Rayon 7 Kabupaten Pasuruan, sedangkan jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 48 guru. Dari hasil pengujian, didapatkan variable bebas yakni perilaku kepemimpinan, supervisi akademik, dan pengalaman mengajar berpengaruh signifikan secara simultan terhadap kinerja guru SMP Negeri di Sub Rayon 7 Kabupaten Pasuruan. Selain itu masin- masing variabel, juga memiliki pengaruh signifikan secara parsial terhadap kinerja guru SMP Negeri di Sub Rayon 7 Kabupaten Pasuruan. Variabel perilaku kepemimpinan, supervisi akademik, dan pengalaman mengajar mampu menjelaskan variabel kinerja guru sebesar 51,1%.