Pengaruh Metode Pembelajaran Guru Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh interaksi antara metode mengajar guru dengan metode mengajar belajar terhadap prestasi belajar siswa SMP Negeri 10 Ambon. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VII SMP Negeri 10 Ambon pada semester genap tahun pelajaran 2016-2017 sebanyak 185 orang siswa. Sampel berjumlah 46 siswa yang merupakan siswa kelas VII. Berdasarkan hasil analisa data yang didapatkan, maka penelitian ini menemukan : (a) Ada pengaruh metode mengajar terhadap prestasi belajar IPS Siswa SMP Negeri 10 Ambon. Hal ini dibuktikan dengan nilai untuk variabel metode mengajar (X1) pada kolom Sig. adalah 0.002 kurang dari alpha 0.05 dan nilai thitung lebih besar dibandingkan dengan ttabel pada taraf signifikansi 5% yaitu 11.328 > 1.691. (2) ada pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS Siswa SMP Negeri 10 Ambon. Hal ini dibuktikan dengan nilai untuk variabel metode mengajar belajar (X2) pada kolom Sig. adalah 0.000 kurang dari alpha 0.05 atau nilai thitung lebih besar dari ttabel yaitu 9.307 > 1.691. (3) ada pengaruh metode mengajar dan motivasi belajar secara simultan terhadap prestasi belajar IPS Siswa SMP Negeri 10 Ambon. Hal ini dibuktikan dengan nilai Fhitung lebih besar dibandingkan dengan Ftabel pada taraf signifikansi 5% yaitu 64.136 > 3.276.