Pembelajaran Tematik, Pembelajaran Saintifik, dan Minat Belajar Siswa

Authors

  • Rusmini Program Pascasarjana Universitas Kanjuruhan Malang
  • Endi Sarwoko Program Pascasarjana Universitas Kanjuruhan Malang

DOI:

https://doi.org/10.21067/jppi.v14i2.4857

Abstract

This research is motivated by the Government which requires the application of an integrated thematic 2013 curriculum. The scientific or scientific approach is believed to be the golden bridge of the development and development of students' attitudes, skills, and knowledge. This study aims to determine the effect of thematic learning and scientific learning on student interest both simultaneously and partially at MIN I Bulungan. The research method used is quantitative-statistics using Multiple Regression Analysis. The research population of students from grade 1 to grade VI totaling 601 students, with a sample of class VI students totaling 96 students. The results showed that simultaneously thematic learning and scientific learning had an effect on student interest in learning. Partially thematic learning and scientific learning affect the learning interest of students at MIN I Bulungan.

References

Faruqdiyah M., (2016), Pengaruh Pembelajaran Tematik Terhadap Minat Baca Siswa Di SDIT Luqman Al Hakim Yogyakarta, Yogyakarta, Universitas Sunan Kalijaga.

Fatchurahmawati, A., Yulianti, dan Hakim, A.R., (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Num-bered Head Together Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV Pada Pemebelajaran Temat-ik Di SDN Bakalan Krajan 1 Malang. Seminar Nasional PGSD UNIKAMA 3 (2)

Hargiyantoro. (2015). Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 16 Pontianak Selatan, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa. 4 (3)

Irviana,I., dan Mahmud, A. (2019). Pengaruh Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Terintegrasi Nilai Karakter Terhadap Monat Belajar Siswa Kelas V SDN 48 Bone-Bone Kabupaten Pangkep. DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar. 2 (2): 233-240.

Lufiana. (2015). Pengaruh Implementasi Pembelajaran Tematikintegratif Kurikulum 2013terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V Sd Se-Kota Yogyakarta, Universitas Negeri Yogyakarta.

Purnamasari, I.C., Swistoro, E. dan Putri, D.H. (2017). Pengaruh Model Discovery Learning Me-lalui Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Pada Konsep Fluida Statis Di SMAN 8 Rejang Lebong. Jurnal Pembelajaran Fisika. 1 (1): 128-134

Rahmawati, N.S., Bungsu, T.K., Islamiah, I.D., dan Setiawan, W. (2019). Analisis Minat Belajar Siswa MA Al-Mubarok Melalui Pendekatan Saintifik Berbantuan Aplikasi Geogebra Pada Materi Statistika Dasar. Journal on Education. 1 (3).

Rusiyanti. (2016). Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pela-jaran IPS Kelas VIII E Di SMP Negeri 24 Surabaya, Jurnal Pendidikan Sejarah. 4 (3)

Sari, M., dan Marheni, Y. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Make a Match Berbasis Saintifik Terhadap Penguasaan Konsep dan Minta Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Ke-las VII SMP PGRI Pekanbaru T.A. 2016/2017. Bio-Lectura: Jurnal Pendidikan Biologi. 4 (1): 56-69.

Sari, P.O.W., Wardani, N.S., dan Prasetyo, T. (2019). Pengaruh Pembelajaran Saintifik Example Non Example Terhadap Minat Belajar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. 3 (3): 324-331.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiono. (2014). Metode Penelitian Pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R dan D. Bandung : Alfabeta

Wardani, K., Sabdaningtyas, L., dan Akhyar, F. (2018). Hubungan Minat Belajar Terhadap Pres-tasi Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Pedagogi. 8 (2).

Wibowo, A., (2017). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik dan Saintifik ter-hadap Prestasi Belajar, Kemampuan Penalaran Matematis dan Minat Belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. 4 (1): 1-10

Wibowo, A., Hanifah, Muchlis, E.E. (2019). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Menggunakan Pendekatan Realistic mathematics Education Dengan Pendekatan Saintifik Di SMPNegeri 14 Kota Bengkulu. PENDIPA Journal of Science Education. 3 (3): 125-131

Winarsih, A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Tematik dan Metode Bermain Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Ajar Perkalian Bilangan Dua Angka Siswa Kelas II SDN Dukuhmencek 03 Kabupaten Jember. Jukasi: Jurnal Edukasi. 4 (1)

Downloads

Published

2020-09-22

How to Cite

Rusmini, & Sarwoko, E. (2020). Pembelajaran Tematik, Pembelajaran Saintifik, dan Minat Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 14(2), 62–67. https://doi.org/10.21067/jppi.v14i2.4857

Issue

Section

Articles