Implementasi Vidio Pembelajaran, Motivasi Belajar dan Kemandirian Terhadap Hasil Belajar
DOI:
https://doi.org/10.21067/jppi.v15i1.5491Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh secara parsial dan simultan implementasi vidio pembelajaran, motivasi belajar dan kemandirian terhadap hasil belajar PPKn. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain survei. Populasi dalam penelitian ini Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Ambon. Sampel penelitian berjumlah 74 siswa dengan populasi berjumlah 249 siswa. Metode pengumpulan data untuk variable independent menggunakan angket, sedangkan untuk variable hasil belajar mengunakan dokumen nilai ujian. Untuk menguji validitas dan reliabilitas instrumen dilakukan uji dengan rumus Cronbach Alpha. Sedangkan untuk uji hipotesis digunakan uji t dan Uji F. Sebelum dilakukan uji analisis regresi, digunakan terlebih dahulu uji asumsi klasik. Berdasarkan serangkaian uji instrument, uji hipotesis dan uji analisis, maka instrumen dan data penelitian ini telah memenuhi syarat uji statistik regresi yang dipersyaratkan. Berdasarkan hasil penelitian, maka diketahui ada pengaruh yang signifikan secara parsial dan simultan pengaruh implementasi vidio pembelajaran, motivasi belajar dan kemandirian terhadap hasil belajar PPKn siswa di SMA Negeri 2 Ambon. (2) ada pengaruh yang signifikan implementasi vidio pembelajaran terhadap hasil belajar PPKn siswa di SMA Negeri 2 Ambon. Sumbangan variabel independen terhadap hasil belajar siswa sebesar 94 %. Atau variabel bebas yang digunakan dalam model mampu menjelaskan sebesar 94% variabel dependen. Sedangkan sisanya sebesar 6 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar PPKn siswa kelas X SMA Negeri 2 Ambon, dapat dipengaruhi oleh implementasi vidio pembelajaran, motivasi belajar dan kemandirian secara bersama-sama, hal ini dapat dinyatakan dengan hasil yang signifikan.