Implementasi Vidio Pembelajaran, Motivasi Belajar dan Kemandirian Terhadap Hasil Belajar

Authors

  • Hendrika Dwiukap
  • Ema Wuarela Pogram Pascasarjana Universitas Kanjuruhan Malang

DOI:

https://doi.org/10.21067/jppi.v15i1.5491

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh secara parsial dan simultan  implementasi vidio pembelajaran, motivasi belajar dan kemandirian terhadap hasil belajar  PPKn. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain survei. Populasi dalam penelitian ini Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Ambon. Sampel penelitian berjumlah 74 siswa dengan populasi berjumlah 249 siswa. Metode pengumpulan data untuk variable independent menggunakan angket, sedangkan untuk variable hasil belajar mengunakan dokumen nilai ujian. Untuk menguji validitas dan reliabilitas instrumen dilakukan uji dengan rumus Cronbach Alpha. Sedangkan untuk uji hipotesis digunakan uji t dan Uji F. Sebelum dilakukan uji analisis regresi, digunakan terlebih dahulu uji asumsi klasik. Berdasarkan serangkaian uji instrument, uji hipotesis  dan uji analisis, maka instrumen dan data penelitian ini telah memenuhi syarat uji statistik regresi yang dipersyaratkan. Berdasarkan hasil penelitian, maka diketahui ada pengaruh yang signifikan secara parsial dan simultan pengaruh  implementasi vidio pembelajaran, motivasi belajar  dan kemandirian terhadap hasil belajar PPKn siswa di SMA Negeri 2 Ambon. (2) ada pengaruh yang signifikan  implementasi vidio pembelajaran terhadap hasil belajar PPKn siswa  di SMA  Negeri 2 Ambon. Sumbangan variabel independen terhadap hasil belajar siswa sebesar 94 %. Atau variabel bebas yang digunakan dalam model mampu menjelaskan sebesar 94% variabel dependen. Sedangkan sisanya sebesar 6 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar PPKn siswa kelas X SMA Negeri 2 Ambon, dapat dipengaruhi oleh implementasi vidio pembelajaran, motivasi belajar  dan kemandirian secara bersama-sama, hal ini dapat dinyatakan dengan hasil yang signifikan.

 

Downloads

Published

2021-04-28

How to Cite

Dwiukap, H., & Wuarela, E. . (2021). Implementasi Vidio Pembelajaran, Motivasi Belajar dan Kemandirian Terhadap Hasil Belajar . Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 15(1), 10–19. https://doi.org/10.21067/jppi.v15i1.5491

Issue

Section

Articles