Kompetensi Profesional Guru, Fasilitas Pembelajaran Dan Motivasi Belajar: Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Ips

Authors

  • Nila Restu Wardani Universitas Kanjuruhan Malang
  • Heru Santosa

DOI:

https://doi.org/10.21067/jppi.v15i1.5493

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk  mengetahui apakah ada pengaruh secara bersama ataupun terpisah antara variabel independen (kompetensi profesional guru, fasilitas pembelajaran, dan motivasi belajar) terhadap variabel dependen  (hasil belajar IPS). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, semua informasi atau data yang diperoleh diwujudkan dengan angka dan analisis yang digunakan adalah analisis statistik. Sedangkan metode yang digunakan adalah metode regresi linier berganda, yang bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh antara empat variabel. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 407 orang yang berasal dari siswa kelas IX di SMPN 2 Pandaan, sedangkan penulis mengambil sampel hanya sejumlah 140 siswa saja. Dari hasil pengujian, didapatkan variable bebas yakni kompetensi profesional guru, fasilitas pembelajaran, dan motivasi belajar berpengaruh signifikan secara simultan terhadap hasil belajar IPS di SMPN 2 Pandaan. Variabel kompetensi profesional guru memiliki kontribusi terbesar terhadap hasil belajar IPS yakin sebesar 0,101. Variabel kompetensi profesional guru, fasilitas pembelajaran, dan motivasi belajar mampu menjelaskan variabel hasil belajar IPS sebesar 34,6%,

Downloads

Published

2021-04-28

How to Cite

Restu Wardani, N., & Santosa, H. (2021). Kompetensi Profesional Guru, Fasilitas Pembelajaran Dan Motivasi Belajar: Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Ips. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 15(1), 71–75. https://doi.org/10.21067/jppi.v15i1.5493

Issue

Section

Articles