Prestasi Belar : Ditinjau Dari Pendidikan Karakter Dan Motivasi Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.21067/jppi.v15i1.5494Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan menganalisis pengaruh pendidikan karakter dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Negeri 1 Bangil. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII yang ada di SMP Negeri 1 Bangil Kabupaten Pasuruan. Teknik pengambilan sampel, dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling sehingga diperoleh 88 siswa sebagai sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pendidikan karakter (X1), dan motivasi belajar (X2) berpengaruh signifikan baik secara parsial maupun secara simultan terhadap variabel prestasi belajar IPS (Y). Variabel motivasi belajar memiliki kontribusi terbesar terhadap prestasi belajar IPS yakni sebesar 0,194. Variabel pendidikan karakter dan motivasi belajar mampu menjelaskan variabel prestasi belajar IPS sebesar 57,8%.