Prestasi Belar : Ditinjau Dari Pendidikan Karakter Dan Motivasi Belajar Siswa

Authors

  • Nila Restu Wardani Universitas Kanjuruhan Malang
  • Akhmad Poniali

DOI:

https://doi.org/10.21067/jppi.v15i1.5494

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan menganalisis pengaruh pendidikan karakter dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap  prestasi belajar IPS siswa SMP Negeri 1 Bangil. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII yang ada di SMP Negeri 1 Bangil Kabupaten Pasuruan. Teknik pengambilan sampel, dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling sehingga diperoleh 88 siswa sebagai sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pendidikan karakter (X1), dan motivasi belajar (X2) berpengaruh signifikan baik secara parsial maupun secara simultan terhadap variabel prestasi belajar IPS (Y). Variabel motivasi belajar memiliki kontribusi terbesar terhadap prestasi belajar IPS yakni sebesar 0,194. Variabel pendidikan karakter dan motivasi belajar mampu menjelaskan variabel prestasi belajar IPS sebesar 57,8%.

Downloads

Published

2021-04-28

How to Cite

Restu Wardani, N., & Poniali, A. (2021). Prestasi Belar : Ditinjau Dari Pendidikan Karakter Dan Motivasi Belajar Siswa . Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 15(1), 76–79. https://doi.org/10.21067/jppi.v15i1.5494

Issue

Section

Articles