Pengaruh Keterampilan Profesional, Interaksi Sosial Dan Motivasi Kerja: Pengaruh Terhadap Kinerja Guru
DOI:
https://doi.org/10.21067/jppi.v15i1.5497Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh secara bersama antara keterampilan profesional, interaksi sosial dan motivasi kerja terhadap kinerja guru di SMP Sub Rayon 07 Kabupaten Pasuruan. populasi dalam penelitian ini sebanyak 142 guru yang berasal dari SMP Negeri di Sub Rayon 7 Kabupaten Pasuruan. Metode pengambilan sampel dengan teknik probability sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Cluster Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel keterampilan profesional guru (X1), interaksi sosial X2), dan motivasi kerja (X3) berpengaruh signifikan baik secara parsial maupun secara simultan terhadap variabel kinerja guru (Y). Variabel interaksi sosial memiliki kontribusi terbesar terhadap kinerja guru yakni sebesar 0,028. Variabel keterampilan profesional, interaksi sosial, dan motivasi kerja mampu menjelaskan variabel kinerja guru sebesar 69,2%.