Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Disiplin Kerja Guru : Pengaruhnya Terhadap Kinerja Guru
DOI:
https://doi.org/10.21067/jppi.v15i1.5500Abstract
Kinerja adalah tingkat keberhasilan seseorang atau kelompok dalam melaksanakan tugas sesuai dengan tanggung jawab dan wewenangnya berdasarkan standar kinerja yang telah ditetapkan selama periode tertentu dalam kerangka mencapai tujuan organisasi. Kinerja guru berkaitan dengan tugas perencanaan, pengelolaan pembelajaran, dan penilaian hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh kepemimpinan Kepala Sekolah dan disiplin kerja Guru terhadap kinerja Guru di SMPN sub rayon 18 Kabupaten Pasuruan. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 123 Guru yang berasal dari Guru di SMP Negeri di wilayah Sub Rayon 18 Kabupaten Pasuruan. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Hasil penelitian menunjukkan variabel kepemimpinan kepala sekolah (X1), dan disiplin kerja guru (X2) berpengaruh signifikan baik secara parsial maupun secara simultan terhadap variabel kinerja guru (Y). Variabel disiplin kerja guru memiliki kontribusi terbesar terhadap kinerja guru yakni sebesar 0,086. Variabel kepemimpinan kepala sekolah dan disiplin kerja guru mampu menjelaskan variabel kinerja guru sebesar 41,3%