Hasil Belajar: Snowball Throwing dan Motivasi Belajar

Authors

  • Yuli Astutik Universitas Kanjuruhan Malang
  • Lilik Sri Hariani Universitas Kanjuruhan Malang
  • Lasim Muzammil Universitas Kanjuruhan Malang

DOI:

https://doi.org/10.21067/jppi.v15i2.5672

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh pembelajaran snowball throwing dan motivasi belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS siswa Kelas Tinggi, (2) pengaruh pembelajaran snowball throwing dengan hasil belajar mata pelajaran IPS siswa Kelas Kelas Tinggi, dan (3) pengaruh motivasi belajar dengan hasil belajar mata pelajaran IPS siswa Kelas Tinggi SDN Randuati Kecamatan Nguling Kabupaten Pasuruan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa SDN Randuati Kecamatan Nguling Kabupaten Pasuruan, seluruhnya sebanyak 273 siswa. Sampel penelitian adalah siswa Kelas Tinggi sebanyak 138 siswa dengan teknik sampel total. Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen. Sedangkan untuk hasil belajar mata pelajaran IPS menggunakan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada hubungan yang signifikan antara pembelajaran snowball throwing dan motivasi belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS siswa Kelas Tinggi, (2) ada hubungan yang signifikan antara pembelajaran snowball throwing dengan motivasi belajar siswa Kelas Tinggi , dan (3) ada hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar mata pelajaran IPS siswa Kelas Tinggi di SDN Randuati Kecamatan Nguling Kabupaten Pasuruan (a) Agar dapat mengoptimalkan hasil belajar peserta didik perlu dilakukan pendekatan-pendekatan pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam belajar, sehingga  hasil belajarnya dapat meningkat  (b) Agar tercipta suasana belajar yang kondusif dalam pembelajaran mata pelajaran IPS maupun mata pelajaran lainnya di sekolah dasar, guru perlu melakukan inovasi-inovasi model pembelajaran yang berdasarkan hasil berbagai riset. (c) Bagi peneliti-peneliti lainnya yang tertarik untuk mengkaji lebih lanjut penelitian ini, disarankan untuk mengkaji lebih detail tentang variabel-variabel lainnya yang diduga memberikan kontribusi bagi peningkatan kualitas pembelajaran.

References

Akhiriyah, D.Y. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing untuk Meningkatkan

Kualitas Pembelajaran IPS pada Siswa Kelas V SDN Kalibanteng Kidul 01 Kota Semarang

(Aplicating Snowball Throwing Model for Improving the Social Instructional at Fifth, SDN

Kalibanteng Kidul 01 Kota Semarang). Jurnal Pendidikan Dasar “Kreatifâ€Â, Volume 1, Nomor

, Februari 2011.

Arofah, U.L. (2017). Snowball Throwing Technique in Teaching Reading Descriptive Text of Animal to

the 8th Graders of Junior High School. RETAIN, Volume 05 Nomor 03 Tahun 2017,134 – 143.

Aspari, Y. (2018). Snowball Throwing in Teaching Grammar. Lingual (Vol. 10, No.1, 2018)

Baharuddin, H & Wahyuni,E. N. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Dewi, N.Pt.K.R., Suadnyana & Abadi, I.G.B.S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball

Throwing Berbantuan Media Audiovisual terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPA.

Journal of Education Technology, Vol. 1 No. (2), pp. 191-197.

Komalasari. (2013). Pembelajaran Kontekstual. Bandung: PT Rafika Aditama.

Kurnia, I. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing untuk

Meningkatkan Hasil Belajar PKn. Journal of Elementary Education, JEE 2 (2) (2013).

Ludfi, A.D., Muhtadi Irvan, & Chumi Zahroul F. 2016. Pengaruh Teknik Snowball Throwing terhadap

Hasil Belajar IPS Pokok Bahasan Permasalahan Sosial. Jurnal Pendidikan, Volume 1 Nomor 2

Tahun 2016.

Mahendra, M. & Afrilia Ekatien Noer Kusuma, 2018. Penggunaan Snowball Throwing untuk

Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Dikdas Bantara,

Volume 1 Nomor 1 Februari 2018.

Nurhanifah, S. (2016). Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika melalui Model

Pembelajaran Quantum Teching Siswa Kelas VIIIB SMP Piri 2 Yogyakarta. UNION: Jurnal

Pendidikan Matematika, Vol 4, No 1.

Nuz’miah, A. (2016). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran

Snowball Throwing Pada Pembelajaran IPS di SDN Sawojajar 04 Kota Malang. Jurnal

Rosidah, A. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Snowball Throwing untuk Meningkatkan

Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS. Jurnal Cakrawala Pendas, Vol. 3 No. 2 Edisi Juli

Sardiman, A.M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali.

Siallagan, A. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing dalam Meningkatkan Hasil

Belajar Siswa. Jurnal JUPIIS, Volume 4.

Ulfah, K.R., Santoso, A. & Utaya, S. (2016). Hubungan Motivasi dengan Hasil Belajar IPS. Jurnal

Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, Volume: 1 Nomor: 8 Bulan Agustus Tahun

Halaman: 1607â€â€1611.

Zulfiati, H.M. (2014). Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Snowball Throwing untuk

Meningkatkan Keaktifan dan Hasi Belajar IPS Siswa SD. Profesi Pendidikan Dasar, Vol. 1, No.

, Desember 2014: 98-108.

Downloads

Published

2021-10-30

How to Cite

Astutik, Y. ., Hariani, L. S. ., & Muzammil, L. . (2021). Hasil Belajar: Snowball Throwing dan Motivasi Belajar. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 15(2), 128–134. https://doi.org/10.21067/jppi.v15i2.5672

Issue

Section

Articles