Pengaruh Metode Pembelajaran Diskusi, Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SDN Gugus Bumi Nikel Bohodopi Morowali
DOI:
https://doi.org/10.21067/jppi.v16i2.8825Keywords:
Discussion learnin, Motivation, Learning outcomesAbstract
Motivation to learn can function as a driving force in achieving achievement. The approach used in this research is a quantitative approach. Researchers chose the type of experimental research. The purpose of this study was to determine the effect of the discussion learning method, parental attention and learning motivation on social studies learning outcomes of SDN Gugus Bumi Nickel Bohodopi Morowali Elementary School. The results of the analysis are 1). the results of the t test and reinforced by the results of the ANOVA test found that partially the use of the discussion method had an effect on student social studies learning outcomes. 2). the results of the t test and reinforced by the results of the Anava test found that partially parental attention influences student social studies learning outcomes. 3). the results of the t test and reinforced by the results of the Anava test found that partially student learning motivation influences student social studies learning outcomes. 4). ANOVA test shows that the use of the discussion method, student learning motivation, and parental attention influence student social studies learning outcomes together. The conclusion is that discussion learning methods, parental attention and learning motivation affect social studies learning outcomes of SDN Gugus Bumi Nickel Bohodopi Morowali students.
References
Abu, A. (2019). Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa di SDN 130 Karambua Desa Rinjani Kecamatan Wotu Kabupaten Luwu Timur. Guru Tua: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2),1-8.
Agus Hidayat, (2020). Pengaruh Penggunaan OHP dan Metode Simulasi Terhadap Prestasi belajar siswa SDN Gugus 1 Bumi Nikel Bahodopi Morowali Kelas VI SD.
Ahmadi dan Supriana, (2014) Psikologi Pendidikan. Rineka Cipta: Jakarta.
Ahmad, M., & Tambak, S. (2018). Penerapan Metode Diskusi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Murid Pada Pelajaran Fiqh. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 15(1), 64-84.
Anitah, (2018) Metode pembelajaran. Surakarta. Panitia Sertifkasi Guru Rayon 13 Surakarta.
Ardhana, Wayan, (2015). Dasar-dasar Kependidikan, Malang: FIP IKIP Malang.
Arikunto, (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta. PT. Rineka Cipta.
Arsyad, A. (2021) Metode pembelajaran, Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Astuti, W. W., Sukardi, F. S. F., & Partono, P. (2012). Pengaruh Motivasi Belajar dan Metode Pembelajaran terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Kelas VIII SMP PGRI 16 Brangsong Kabupaten Kendal. Economic Education Analysis Journal, 1(2).
Brown, F. J. (2017) Education Sociology (3en, ed), New Jersey: Prectice Hall Inc.
Dalyono (2015) Psikologi Pendidikan. Unlam. Banjarmasin.
Darkir. (2021). Dasar-Dasar Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dardji. Darmodiharjo (2015) Psikollogi Umum. Jakarta Kosgoro.
Degeng, I Nyoman, Sudana. (2018). Ilmu Pelajaran Taksonomi Variabel Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti Proyek Pengembangan Lembaga pendidikan, Tenaga Pendidikan.
Djamarah, (2015) Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta. Jakarta.
Gearalch (2021) Mengajar dan Media Pendekatan Sistem. IKIP Jakarta.
Hamalk. O. (2015) Proses Belajar Mengajar, Jakarta Bumi Aksara.
Harjanto (2017) Perencanaan Pengajaran. Rineka Cipta. Jakarta.
Kartono, K. (2016). Psikologi Anak. Alumni. Bandung.
Lasminingsih, (2011) Pemanfaatan Multi Media Iteraktif dan Motivasi dapat Meningkatkan Prestasi Belajar Materi Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Siswa Kelas VI SD Hamzah.
B. Uno (2018) Teori Motivasi Dan Pengukurannya Jkarta Bumi Aksara.
Lesnowati, L. & Hafifi. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas X Smk. Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin 5 (1). Hal.9-17. https://doi.org/10.37012/jipmht.v5i2.652
Nasution, M. K. (2018). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. Studia Didaktika, 11(01), 9-16.
Parjiono. S (2018) Korelasi Faktor Keluarga dan Lingkungan Sosial Dengan Prestasi Belajar IX SMP Negeri 4 Kudus.
Purnamawati dan Eldarni (2015) Metode pembelajaran. CV Rajawali, Jakarta.
Purwanto, N. (2017) Psikologi Pendidikan. Bandung, PT Remaja Rosda Karya.
Prasojo, R. J. (2014). Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS. Ekonomi IKIP Veteran Semarang, 2(1), 37082.
Prihatini, E. (2017). Pengaruh metode pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar IPA. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(2).
Rini, E. S. (2015). Pengaruh perhatian orang tua dan kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS, 9(2).
Sahnun. (2018). Efektivitas metode diskusi dalam meningkatkan hasil belajar PKN materi menjelaskan proses pemilu dan pilkada pada siswa kelas vi SDN 7 Montong Baan. XVII(2), Hal 221-238. https://core.ac.uk/download/pdf/266979438.pdf.
Santoso, (2014) Latihan SPSS Statistik Parametrik. Cetakan ke-4. PT Elex Media Komputindo. Jakarta.
Sanjaya, (2015) Strategi Pembelajaran. Kencana Prenada Media Grup. Jakarta.
Saputra, K. Y., Haris, I. A., & Suharsono, N. (2015). Pengaruh proses pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar ips siswa SMP Maulana Pegayaman. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 5(1).
Sardiman, Arief. S. dkk. (2016) Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali. Jakarta.
Slameto, (2017). Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhinya, Jakarta: PT Rineka Jaya.
Soeharto. (2021) Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta. Rineka Cipta.
Sudjana, N. (2021) Teknologi Pengajaran. Sinar Baru: Jakarta.
Suardiman, Siti Partini (2016) Psikologi Perkembangan. Jakarta. Rineka Cipta.
Sugiyono, (2015) Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.
Suparta, D. G., Lasmawan, M. P. P. I. W., & Marhaeni, M. P. A. N. (2015). Pengaruh model pembelajaran kooperatif teknik make a match terhadap motivasi belajar dan hasil belajar IPS (Doctoral dissertation, Ganesha University of Education).
Trianto, (2020) Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif. Jakarta: Kencana.
Tulak, H., & Salo, E. S. (2019). Pengaruh Perhatian Orangtua dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa Di SDN 3 Toraja Utara Kabupaten Toraja Utara. Elementary Journal: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 1-11.
Uno. Hamzah. B. (2018) Teori Motivasi Dan Pengukurannya Jkarta Bumi Aksara.
Ulfah, K. R., Santoso, A., & Utaya, S. (2016). Hubungan motivasi dengan hasil belajar ips. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(8), 1607-1611.
Winkel, WS (2015) Psikologi Pengajaran. Grassindo. Jakarta.
Yani, L.I. & Taufik, T. (2020) Penerapan model project-based learning dalam
pembelajaran tematik terpadu di Kelas v Sekolah Dasar (studi literatur). e –jurnal inovasi pembelajaran sd. 8 (9). hal.70-82. http://ejournal.unp.ac.id/student/index.php/pgsd.
Zakiah. (2014). Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung, PT. Remaja Rosdakarya. http: //almiqma. wordpress. com. Motivasi Belajar.