Menumbuhkan Kemampuan Membaca, Menulis & Berhitung Melalui Bimbingan Belajar di Desa Sutojayan
Keywords:
membaca, menulis, berhitung, bimbingan belajarAbstract
Pembelajaran yang efektif dan menyenangkan pada jenjang tingkat sekolah dasar sangat penting untuk diperhatikan sebagai dasar melanjutkan studi lanjut pada jenjang tingkat sekolah menengah hingga perhuruan tinggi. Pembelajaran efektif sangat diperlukan begi peserta didik sekolah dasar khususnya pembelajaran saan menumbuhkan kemampuan membaca, menulis dan berhitung. Kemampuan membaca, menulis, dan berhitung harus menjadi penekanan dalam pembelajaran di Sekolah Dasar. Namun, banyak perseta didik menghadapi kesulitan untuk menguasai kemmapuan membaca, menulis dan berhitung. Untuk mengatasi masalah ini, anggota kelompok KKN Unikama membuat bimbingan belajar (bimbel) atau program bimbingan belajar yang menawarkan dukungan akademik. Program ini menggunakan pendekatan interaktif seperti diskusi kelompok kecil sebagai upaya membuat lingkungan belajar yang lebih menarik dan kondusif. Hasil program ini menunjukkan bahwa peserta didik lebih baik dalam membaca dan menulis serta lebih termotivasi untuk mengikuti dan berpartisipasi dalam proses pembelajaran. Keberhasilan program bergantung pada kolaborasi yang baik antara KKN dan pihak sekolah. Evaluasi berkelanjutan memungkinkan metode disesuaikan untuk mencapai hasil terbaik
meskipun menghadapi masalah seperti keterbatasan waktu dan variasi karakter dan kemampuan peserta didik.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Pengabdian Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
The copyright of the received article once accepted for publication shall be assigned to the journal as the publisher.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License