PERBEDAAN PEMBELAJARAN MELALUI MULTIMEDIA INTERAKTIF DAN MELALUI BUKU TEKS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PECAHAN KELAS IV SDN GADANG 01 MALANG

Main Article Content

Nur Farida
Sri Rahayu

Abstract

Abstrak: Penggunaan media dalam proses belajar mengajar mempermudah kemampuan siswa untuk memahami materi. Seiring berkembangnya teknologi informasi, pembelajaran matematika saat ini, khususnya pada materi mangurutkan pecahan, yaitu dengan memanfaatkan teknologi komputer untuk membuat dan mempresentasikan media pembelajaran. Salah satu media pembelajaran adalah multimedia interaktif.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah perbedaan pembelajaran melalui multimedia interaktif dan melalui buku teks terhadap hasil hasil belajar siswa pada materi pecahan kelas IV, SDN Gadang 01 Malang. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas IV A dan IV B, SDN Gadang 01 Malang. Instrumen penelitian yang digunakan tes. Teknik analisis yang digunakan adalah uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan antara pembelajaran melalui multimedia interaktif dan melalui buku teks terhadap hasil belajar siswa, dimana hasil yang diperoleh pada kelas eksperimen memiliki mean 65,89 dengan standar deviasi 18,878 lebih besar daripada kelas kontrol yang memiliki mean 53,33 dengan standar deviasi 32,471. Hasil gain score menunjukkan selisih antara nilai pretest dan posttest didapatkan pada kelas eksperimen dengan hasil rata-rata gain score yaitu 0,7 yang masuk dalam kategori tinggi. Sementara itu, hasil perhitungam uji t didapatkan t = 2,089; F = 15,285 dan signifikansi 2-tail 0,40/0,41 lebih kecil dari signifikansi 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya, ada perbedaan yang signifikan pada penggunaan multimedia pembelajaran interaktif terhadap hasil belajar siswa di SDN Gadang 01 Malang.

 

Kata-Kata Kunci: Model pembelajaran interaktif, buku teks, hasil belajar, pecahan.

Abstract: The use of media in learning process facilitates the ability of students to understand the material. As the development of information technology, the learning of mathematics at this time particularly in sorting fraction subject matter utilizes computer technology to create and present the learning media. One of the learning media is Interactive multimedia. The objectives of this research is to know is there any difference in learning through interactive multimedia and textbooks toward fourth grade students’ learning outcome in the fractions subject matter, SDN Gadang 01 Malang. This study uses a quantitative research. The samples are all students of IV A and IV B class, SDN Gadang 01 Malang. The research instrument is tests. The technique to analyze the data is the t-test. The results of the research show that there is a difference between learning through interactive multimedia and through textbooks on student learning outcomes, where the mean of the experimental class is 65.89 with standard deviation 18.878 is greater than the control class that has a mean 53.33 with standard deviation 32.471. The results of gain score show the difference between pretest and posttest score of the experimental class with average  score  0.7 which is in the high category. Meanwhile, the results of t-test obtained t = 2.089; F = 15.285 and two-tail significance 0.40 / 0.41 less than 0.05, thus Ho is rejected and Ha is accepted. It means that there is significant difference in the use of multimedia interactive learning toward the learning outcomes of students at SDN Gadang 01 Malang.

 

Keywords: Interactive learning model, textbooks, learning outcomes, fractions.

 

Article Details

How to Cite
Farida, N., & Rahayu, S. (2017). PERBEDAAN PEMBELAJARAN MELALUI MULTIMEDIA INTERAKTIF DAN MELALUI BUKU TEKS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PECAHAN KELAS IV SDN GADANG 01 MALANG. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 7(1), 7–12. https://doi.org/10.21067/jip.v7i1.1550
Section
Articles

References

Darmawan. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Djamarah, SyaifulBahri. 2005. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Mayer, R.E., 2009. Multimedia Learning: Prinsip-prinsip dan Aplikasi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Muslim, A. 2012. Pembelajaran Operasi Hitung Perkalian dan Pembagian Pecahan SD. [Online]. Tersedia di:
http://arifinmuslim.files.wordpress.com/2011/12/pembelajaran-operasi-hitung-perkalian-pembagian-pecahan-sd.pdf. Diakses 22 Februari 2016.
Sagala, Syaiful. 2010. Konsep & Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Tarigan, Henry Guntur dan Djago Tarigan. 2009. Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia. Bandung: Angkasa.
Wahyudi. 2009. Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Organisasi Pembelajaran (Learning Organization). Bandung: Alfabeta