Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII SMP
Main Article Content
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah merupakan hal yang penting dalam proses pembelajaran matematika. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa adalah mengembangkan perangkat pembelajaran matematika berbasis Discovery Learning. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran matematika yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model Plomp, yang terdiri dari tahap pendahuluan, tahap pengembangan atau prototipying, dan tahap penilaian. Penelitian ini menggunakan langkah-langkah evaluasi formatif untuk mengembangkan dan menilai instrumen. Setelah melewati proses revisi sesuai penilaian dan saran validator, diperoleh bahan ajar matematika berbasis discovery learning yang valid dari segi isi dan konstruk. Bahan ajar ini juga praktis dalam kemudah penggunaan dan sesuai waktu yang diberikan. Selain itu, bahan ajar ini efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa.
Article Details
The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions.Â
References
Ahsanul In’am. 2017. Learning Geometry through Discovery Learning Using a Scientific Approach. International Journal of Instruction Vol.10, No.1 e-ISSN: 1308-1470
Audra Paramita Muslim. 2016. Pelaksanaan Pembelajaran Matematika dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Siswa Kelas VII. LEMMA Vol.II No.2
Djamilah Bondan Widjajanti. 2009. Kemampuan Pemecahan Maasalah Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/131569335/Makalah%205%20Desember%20UNY%20Jadi.pdf
Gunai balim, Ali. 2009. The Effects of Discovery Learning on Students’ Success and Inquiry Learning Skills. Eurasian Journal of Educational Research, Issue 35, Spring 2009, 1-20
Mulyatiningsih, Dr.Endang. 2011. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung : ALFABETA
Permendikbud Nomor 58 Tahun 2014. Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Plomp, T. dan Nieveen, N. (Eds). 2013. An Intorduction to Educational Design Research. Enschede : Netherlands Institute for Curriculum Development (SLO)
Sukardi. 2008. Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Operasioanlnya. Yogyakarta: Bumi Aksara
Rochmad (2011). Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Journal Semarang : Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNNES. journal.unnes.ac.id/nju/index../1721
Syarifah Fadillah. 2009. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dalam Pembelajaran Matematika. http://eprints.uny.ac.id/12317/1/M_Pend_35_Syarifah.pdf
Tjalla, Awaludin. 2012. Potret Mutu Pendidkan Indonesia Ditinjau dari Hasil-hasil Studi Internasional. Jakarta: UNJ.