Pengembangan Bahan Ajar Berbasis CD Interaktif Power Point

Uji Coba Terbatas dan Uji Coba Lapangan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

  • Warkintin Warkintin STKIP Persada Khatulistiwa Sintang
  • Yohanes Berkhamas Mulyadi STKIP Persada Khatulistiwa

Abstract

Tujuan penelitian pengembangan bahan ajar CD interaktif berbasis power point untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi di kelas IV Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah pengembangan meliputi: Analisis kebutuhan, Penentuan SK, KD dan Story Board, pengembangan pembelajaran SD dan media pembelajaran SD, telaah pakar, uji coba danproduksi CD interaktif. Subyek Uji coba untuk skala kecil pada penelitian ini adalah siswa. Sekolah Dasar Negeri 10 Kenerak kelas IV sejumlah 8 siswa sebagai pengguna media pembelajaran yang telah disusun. Sedangkan subyek Uji coba untuk skala lapangan adalah seluruh siswa Sekolah Dasar Negeri 03 Semitau kelas IV sejumlah 10 siswa. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif, yaitu dengan menganalisis data kuantitatif yang diperoleh dari hasil tes pada skala terbatas dan skala lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil belajar siswa setelah menggunakan bahan ajar berbasis CD interaktif power point pada materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi di kelas IV SDN 10 Kenerak tahun pelajaran 2017/2018 dapat dilihat dari skor yang diperoleh yaitu sebesar 63% siswa pada uji coba skala terbatas memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM ≥ 75). Sedangkan skor yang diperoleh pada uji coba skala lapangan yaitu sebesar 100% sudah memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM ≥ 75). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengembangan bahan ajar CD interaktif berbasis power point pada uji skala terbatas dan uji skala lapangan dapat meningkatkatkan hasil belajar siswa.

References

Arsyad, A. 2015.Media Pembelajaran.Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Darmawan, Deni. 2015. Komunikasi Pendidikan Perspektif Bio-komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya

Fathurrohman, Pupuh& Sutikno, Sobry. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: PT Refika Aditama

Gafur, Abdul. 2012. Desain Pembelajaran.Yogyakarta: Ombak Dua

Indriana, Dina. 2011. Ragam Alat Bantu Media Pembelajaran.Yogyakarta: Diva Press

Minggiarti. 2013. “Pengembangan Media CD Interaktif Untuk Mata Pelajaran Geografi Kelas X Dengan Tema Hidrosfer Dan Dampaknya terhadap Kehidupan di Muka Bumi Di SMA Negeri 1 Widang Tuban”. Jurnal Universitas Negeri Surabaya.

Nataliani, dkk. 2014. “ Pengembangan Multimedia Pembelajaran Mata Pelajaran IPS Kelas VII Semester Genap di SMP Negeri 2 Tegallalang”. Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Teknologi Pendidikan. Volume: 2 No. 1 Tahun 2014.

Prastowo, andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif.Yogyakarta: Diva Press

Sudjana, N. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Rusman, dkk. 2012. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Wulandari, dkk. 2013. “Pengembangan CD Interaktif Pembelajaran IPA Terpadu Tema Energi Dalam Kehidupan Untuk Siswa SMP”. Unnes Science Education Journal.

Yuniasih Nury, Aini. R. N, dan Widowati R. 2018. Pengembangan Media Interaktif Berbasis Ispring Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V Di SDN Ciptomulyo 3 Kota Malang. JIP, Vol.8, No. 2, Edisi Agustus 2018, Hal: 85-94

Published
2019-01-31
How to Cite
Warkintin, W., & Mulyadi, Y. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis CD Interaktif Power Point. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 9(1), 18-24. https://doi.org/10.21067/jip.v9i1.2826
Section
Articles