Kolaborasi Peta Indonesia dan Model Pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT)

  • Siti Halimatus Sakdiyah PGSD universitas kanjuruhan malang
  • Triwahyudianto Triwahyudianto Universitas Kanjuruhan Malang
  • Harun Harun Universitas Kanjuruhan Malang

Abstract

Penggunaan media Peta Indonesia dan model pembelajaran TGT yang melibatkan siswa sebagai tutor sebaya mudah diterapkan tanpa ada perbedaan antara siswa yang pandai atau kurang, dimana kolaborasi ini dikemas dalam permainan agar menjadi pembelajaran yang lebih efektif dan menyenangkan, sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Hasil observasi menunjukkan proses pembelajaran terjadi searah sehingga siswa lebih asyik bergurau daripada belajar. Dari kenyataan  ini menyebabkan hasil belajar siswa cenderung rendah. Terbukti hanya 39,28% dari 28 siswa  yang mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 61,11% nilainya dibawah KKM 75.Tujuan penelitian untuk mendiskripsikan peningkatan aktivitas dan  hasil belajar siswa kelas IV SD Islam Al Hikmah. Rancangan penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan pada siswa kelas IV SD Islam Al Hikmah. Subjek dalam penelitian  terdiri dari 28 siswa. Nilai hasil belajar siswa kelas IV pada siklus I menunjukkan siswa yang tuntas 21 siswa dengan presentase 75%, sedangkan pada siklus II menunjukkan siswa yang tuntas 24 siswa dengan presentase 85%. Hasil dari penelitian ini dapat  disimpulkan bahwa penggunaan Peta Indonesia dan  model pembelajaran TGT  dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SD Islam Al Hikmah Gadang Malang.

References

Depdiknas. 2014. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Depdiknas

Fitri, 2014. Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Purwodadi Kabupaten Pasuruan Pada Materi Keragaman Bentuk muka bumi. Tesis tidak diterbitkan.Malang Jurusan Pendidikan Geografi, Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang.

Julianto,dkk. 2011. Teori dan Implementasi Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surabaya: Unesa University Press

Kemretrian Pendidikan dan Kebudayaan 2013. Indahnya Kebersamaan.Jakarta: Kementrian Pendidiakan dan Kebudayaan.Mustaqim, Burhan.2008.Ayo Belajar Matematika 4 :untuk SD dan MI kelas IV.Jakarta:Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

Sudjana, Nana. 2004. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta

Trianto, 2007. Model–Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka

Published
2019-01-31
How to Cite
Sakdiyah, S., Triwahyudianto, T., & Harun, H. (2019). Kolaborasi Peta Indonesia dan Model Pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT). Jurnal Inspirasi Pendidikan, 9(1), 10-17. https://doi.org/10.21067/jip.v9i1.2923
Section
Articles