Kolaborasi Peta Indonesia dan Model Pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT)

Main Article Content

Siti Halimatus Sakdiyah
Triwahyudianto Triwahyudianto
Harun Harun

Abstract

Penggunaan media Peta Indonesia dan model pembelajaran TGT yang melibatkan siswa sebagai tutor sebaya mudah diterapkan tanpa ada perbedaan antara siswa yang pandai atau kurang, dimana kolaborasi ini dikemas dalam permainan agar menjadi pembelajaran yang lebih efektif dan menyenangkan, sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Hasil observasi menunjukkan proses pembelajaran terjadi searah sehingga siswa lebih asyik bergurau daripada belajar. Dari kenyataan  ini menyebabkan hasil belajar siswa cenderung rendah. Terbukti hanya 39,28% dari 28 siswa  yang mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 61,11% nilainya dibawah KKM 75.Tujuan penelitian untuk mendiskripsikan peningkatan aktivitas dan  hasil belajar siswa kelas IV SD Islam Al Hikmah. Rancangan penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan pada siswa kelas IV SD Islam Al Hikmah. Subjek dalam penelitian  terdiri dari 28 siswa. Nilai hasil belajar siswa kelas IV pada siklus I menunjukkan siswa yang tuntas 21 siswa dengan presentase 75%, sedangkan pada siklus II menunjukkan siswa yang tuntas 24 siswa dengan presentase 85%. Hasil dari penelitian ini dapat  disimpulkan bahwa penggunaan Peta Indonesia dan  model pembelajaran TGT  dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SD Islam Al Hikmah Gadang Malang.

Article Details

How to Cite
Sakdiyah, S. H., Triwahyudianto, T., & Harun, H. (2019). Kolaborasi Peta Indonesia dan Model Pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT). Jurnal Inspirasi Pendidikan, 9(1), 10–17. https://doi.org/10.21067/jip.v9i1.2923
Section
Articles