Pengembangan Media Shapes untuk Kreativitas Anak Usia Dini Kelompok B

  • Ermiani N. Kolta SPS Anggrek
  • Agus Sholeh Universitas Kanjuruhan Malang
  • Rina Wijayanti Universitas Kanjuruhan Malang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk, hasil, kelayakan, kelebihan, kekurangan dari pengembangan media pembelajaran shapes untuk kreativitas anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode Research & Development (R&D) menurut Borg dan Gall. Kelayakan produk didasarkan pada hasil penilaian ahli media, ahli materi, dan anak didik kelompok B Taman Kanak-Kanak (TK) sebagai subjek uji coba. Instrumen pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa media shapes yang telah dikembangkan melalui serangkaian uji coba serta validasi ahli dinyatakan layak. Hal ini didukung oleh penilaian ahli media dengan rata-rata skor 3,77 termasuk dalam kategori layak, penilaian ahli materi  dengan rata-rata skor 3,6 termasuk kategori layak, uji coba lapangan utama mendapatkan presentase 98,55% termasuk dalam kategori layak, dan uji coba lapangan operasional  mendapatkan presentase 97,90% termasuk dalam kategori layak. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa media shapes untuk kreativitas anak usia dini kelompok B TK layak digunakan.

References

Ambarita, M. H. 2015. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Materi Berhitung untuk Anak Kelompok A TK Teruna Bangsa. Yogyakarta: PPs UNY.

Depdiknas. 2015. Permendiknas Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.

Dewi, K. 2017. Pentingnya Media Pembelajaran untuk Anak Usia Dini. Palembang: PPS UIN Raden Fatah Palembang.

Echols, M. J., Shadily, H. 1976. Kamus Inggris – Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Hartati, S. 2017. Penyelenggaran Program PAUD. Jurnal Ilmiah Visi PGTK PAUD dan DIKMAS, 12 (2): 155-162.

Novelandari, I. 2016. Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Melalui Kegiatan Mozaik pada Kelompok A. Surabaya: PPS UNS.

Pusat Kurikulum Balitbang 2007. Standar Isi Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.

Retnaningsih, I. 2017. Pengembangan Media Kartu Kuartet untuk Mengembangkan Kosakata pada Anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak. Jurnal Ilmu Pendidikan, 6 (1): 300-306.

Sit, M., Khadijah, Nasution, F., Wahyuni, S., Rohani, Nurhayani, Sitorus, S.A., Armayanti, R., Lubis, Z.H. 2016. Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing.

Syarah, M. 2017. Pengelolaan Media Pembelajaran Anak Usia Dini di TK Sambinoe Takengon Aceh Tengah. Banda Aceh: PPs UIN.

Taiyeb H. 2016. Model Permainan Kreativitas Anak Usia Dini. Makassar: PPs UNM.

Team, B. (bigbanktheories@gmail.com). 17 Desember 2016. Pengertian dan Penggunaan Shapes.

Wati, R. 2016. Peningkatan Kemampuan Mengenal bentuk Geometri Melalui Permainan Dadu Geometri pada Siswa Kelompok B Anak Raudhatul Athfal Mluweh. Salatiga: PPs USKW.

Yafie, E., Iriyanto, T., Gonandi, L., Wahyudi, S. 2018. Workshop Pembuatan Media Education Berbasis PPT Anak Usia Dini untuk Guru Se-kota Malang dan Alumni PG-PAUD Universitas Negri Malang. Jurnal Karinov, 1 (2): 1-8.

Zaman, B., Eliyawati C. 2010. Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Depok: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia.

Published
2019-03-14
How to Cite
Kolta, E., Sholeh, A., & Wijayanti, R. (2019). Pengembangan Media Shapes untuk Kreativitas Anak Usia Dini Kelompok B. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 9(1), 60-65. https://doi.org/10.21067/jip.v9i1.3047
Section
Articles