MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSSING BERBASIS TIK UNTUK MENGAJARKAN LUAS DAN KELILING BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 KEPANJEN

Main Article Content

Sri Rahayu dan Wisulah Sri Rahayu dan Wisulah

Abstract

Kemajuan IPTEK memberikan fasilitas yang serba komputer, menuntut guru  untuk selalu tanggab dengan kemajuan yang sangat pesat. Penelitian ini menggabungkan pembelajaran kooperatif, menuntut daya nalar tinggi dan memanfaatkan fasilitas komputer.  Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian Siswa Kelas VII  SMP Negeri 3 Kepanjen. Pelaksanaan tindakan pada penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan (1) meningkatnya kreatifitas dan melatih siswa untuk berdisiplin tinggi, tanggung jawab, dan dapat melatih siswa untuk berpikir tingkat tinggi (Hight Ordered Thinking), (2) memberi kesempatan siswa untuk lebih bertanggungjawab dan berusaha bersaing antar kelompok dengan baik.  (3) dapat melatih kemampuan verbal siswa, (4) memotivasi siswa dalam kelompok untuk terlibat aktif, karena masing – masing anggota kelompok memiliki tanggungjawab untuk membuat atau menemukan permasalahan serta menyelesaikann, (5) memotivasi siswa untuk memanfaatkan  sarana teknologi (Laptop)  dalam proses pembelajaran, sehingga siswa menjadi melek teknologi.

 Kata kunci: Pembelajaran problem possing, berbasis TIK, Bangun datar

Article Details

How to Cite
Sri Rahayu dan Wisulah, S. R. dan . W. (2013). MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSSING BERBASIS TIK UNTUK MENGAJARKAN LUAS DAN KELILING BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 KEPANJEN. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 3(1). https://doi.org/10.21067/jip.v3i1.363
Section
Articles