Model Pembelajaran Content-Familiarity Approach Pada Matakuliah “Reading Comprehension” Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Mahasiswa

  • Dwi Fita Heriyawati
  • Irene Trisisca Rus

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan penguasaan memahami teks bacaan pada mahasiswa jurusan bahasa Inggris semester empat dengan menggunakan content familiarity. Dengan penerapan content familiarity dalam matakuliah membaca mempunyai kelebihan-kelebihan antara lain bisa menambah variasi pembelajaran, secara tidak langsung menguji pembelajaran siswa, mempertinggi atau meningkatkan rasa percaya diri siswa karena siswa merasa tidak tertekan, memotivasi siswa untuk belajar namun dengan suasana yang rileks, dan menawarkan waktu istirahat sejenak dari suasana pembelajaran yang kaku namun tetap dalam materi, serta memberi kemudahan pada mahasiswa untuk memahami isi bacaan.

 Kata Kunci : content familiarity, teks bacaan

Published
2014-01-10
How to Cite
Heriyawati, D. F., & Rus, I. T. (2014). Model Pembelajaran Content-Familiarity Approach Pada Matakuliah “Reading Comprehension” Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Mahasiswa. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 4(1), 396-403. https://doi.org/10.21067/jip.v4i1.383