PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBAHASA INGGRIS MELALUI COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PERKULIAHAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA

Main Article Content

Retno Marsitin

Abstract

Penguasaan bahasa Inggris merupakan faktor penentu dalam era globalisasi dan merupakan salah satu keberhasilan pembelajaran di perguruan tinggi. Pembelajaran matematika dengan menggunakan bahasa Inggris menumbuhkan rasa pecaya diri dalam berbahasa Inggris baik dosen maupun mahasiswa dan meningkatkan kemampuan mahasiswa matematika yaitu kemampuan secara matematik dan kemampuan berbahasa Inggris yang baik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat naturalistik, dengan rancangan penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tujuan penelitian untuk mendiskripsikan implementasi pembelajaran matematika berbahasa Inggris melalui Cooperative Integrated Reading and Composition(CIRC) dalam meningkatkan kualitas perkuliahan program studi pendidikan matematika. Hasil penelitian pada siklus pertama dan siklus kedua menunjukan adanya peningkatan kualitas perkuliahan pada pembelajaran matematika berbahasa Inggris melalui Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Hal ini ditunjukkan oleh tumbuhnya rasa percaya diri mahasiswa dengan semakin meningkatnya kemampuan mahasiswa berkomunikasi bahasa Inggris dalam pembelajaran matematika dan peningkatan kemampuan matematik mahasiswa melalui CIRC.

 Kata Kunci: Matematika, Bahasa Inggris, CIRC, Perkuliahan

Article Details

How to Cite
Marsitin, R. (2014). PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBAHASA INGGRIS MELALUI COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PERKULIAHAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 4(2), 536–544. https://doi.org/10.21067/jip.v4i2.410
Section
Articles