HUBUNGAN PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS KANJURUHAN MALANG

Main Article Content

Fauzan Adhim

Abstract

Membangun peradaban sebuah bangsa pada hakikatnya adalah pengembangan watak dan karakter manusia unggul dari sisi intelektual, spiritual, emosional, dan fisikal yang dilandasi oleh fitrah kemanusiaan. Pendidikan karakter adalah suatu sistem penanaman nilai-nilai karakter kepada warga sekolah yang meliputi komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan, dan tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai tersebut, baik terhadap Tuhan Yang Maha Esa (YME), diri sendiri, sesama, lingkungan, maupun kebangsaan sehingga menjadi manusia insan kamil. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pendidikan karakter dan kecerdasan emosi. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa dan mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Kanjuruhan Malang angkatan 2011. Adapun teknik pengambilan sampelnya adalah Simple Random Sampling. Data dikumpulkan melalui angket yang disebar kepada responden. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan analisis korelasi sederhana dengan bantuan SPSS 18 for windows. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang erat dan signifikan antara pendidikan karakter terhadap kecerdasan emosi. Hal ini dilihat dari hasil analisis statistic menunjukkan angka koefesien korelasi (r) 0.581 dengan Sig. = 0,000  pada taraf signifikan α = 0,05.

 Kata kunci : Pendidikan, Karakter, Emosi, kecerdasan Emosi

Article Details

How to Cite
Adhim, F. (2014). HUBUNGAN PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS KANJURUHAN MALANG. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 1(1). https://doi.org/10.21067/jip.v1i1.474
Section
Articles