MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FISIKA MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MODEL POE (PREDICTION, OBSERVATION AND EXPLANATION)

Main Article Content

Sholikhan Sholikhan

Abstract

Pembelajaran kontekstual model Prediction, Observation and Explanation (POE)  diasumsikan mampu untuk meningkatkan prestasi belajar fisiska siswa. Kancah penelitian pada siswa kelas VIII SMPN 12 Malang  Instrumen penelitian yang digunakan adalah pretes dan postes untuk mengetahui prestasi belajar siswa, lembar observasi, dan pedoman wawancara. Berdasarkan   hasil   analisis   data,   dapat   disimpulkan   bahwa   secara   keseluruhan,   peningkatan prestasi belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran kontekstual model Prediction, Observation and Explanation (POE)  meningkat.  Hasil  analisis  terhadap data  observasi  dan  wawancara  menunjukkan  pembelajaran kontekstual model Prediction, Observation and Explanation (POE dapat meningkatkan  aktivitas  belajar  siswa.

        

Kata kunci: Prestasi Belajar,  Pembelajaran kontekstual,,  model  Prediction, Observation and Explanation (POE)

Article Details

How to Cite
Sholikhan, S. (2014). MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FISIKA MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MODEL POE (PREDICTION, OBSERVATION AND EXPLANATION). Jurnal Inspirasi Pendidikan, 1(1). https://doi.org/10.21067/jip.v1i1.478
Section
Articles