Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keaktifan Mahasiswa Dalam Proses Pembelajaran Mahasiswa Program Studi Akuntansi Universitas Kanjuruhan Malang Tahun 2011

Main Article Content

Rusno Rusno

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor internal dan faktor eksternal yang mempengaruhi keaktifan mahasiswa dalam proses pembelajaran dan membandingkan pengaruh diantara kedua variabel prediktor tersebut  terhadap keaktifan mahasiswa pada mahasiswa jurusan akuntansi Universitas Kanjuruhan Malang. Populasi dalam penelitian ini adalah 387 mahasiswa jurusan Akuntansi yang terdiri dari angkatan tahun 2007, 2008, 2009 dan 2010 yang masih aktif mengikuti proses perkuliahan, sampel diambil dengan teknik  proporsional ramdom sampling sebanyak 96 responden. Data penelitian dikumpulkan melalui angket. Data dianalisis dengan tehnik analisis faktor konfirmatori dan analisis regresi linier berganda dengan bantuan komputer program SPSS 12,0 for windows. Hasil analisis regresi linier berganda besarnya pangaruh faktor internal (X1) dan faktor eksternal (X2) terhadap keaktifan mahasiswa (Y) ditunjukkan oleh koefisien determinasi (R2) sebesar 0,614 berpengaruh secara simultan dengan nilai F hitung sebesar 38,99.  Pengaruh secara parsial ditunjukkan dengan uji t yang menghasilkan faktor internal mahasiswa berpengaruh secara signifikan terhadap keaktifan siswa. Faktor eksternal siswa berpengaruh secara signifikan terhadap keaktifan mahasiswa. Selanjutnya koefisien menunjukkan bahwa b1X1 sebesar 0,965 dan b2X2  sebesar 0,232, jadi faktor yang dominan mempengaruhi keaktifan siswa dalam proses pembelajaran  pada mahasiswa jurusan akuntansi Universitas Kanjuruhan Malang adalah faktor internal.

 

Kata kunci : Faktor internal, faktor eksternal, keaktifan mahasiswa

Article Details

How to Cite
Rusno, R. (2014). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keaktifan Mahasiswa Dalam Proses Pembelajaran Mahasiswa Program Studi Akuntansi Universitas Kanjuruhan Malang Tahun 2011. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 1(1). https://doi.org/10.21067/jip.v1i1.482
Section
Articles