Urgensi Self Efficacy Konselor Sekolah dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter Siswa (Penelitian Survey terhadap konselor Sekolah di Kota Malang)

Main Article Content

Erik Teguh Prakoso
Esa Nur Wahyuni

Abstract

Tujuan jangka panjang yang ingin dicapai melalui penelitian ini adalah upaya mengembangkan tingkat eficasy konselor sekolah dalam pendidikan karakter  di Kota Malang. Dengan merancang dan menerapkan Strategi efficacy dalam pendidikan karakter yang tepat, tingkat efficacy yang ada dalam diri konselor akan tercapai secara maksimal. Tujuanya adalah menjelaskan tingkat self efficacy konselor sekolah di Kota malang dalam mengembangkan pendidikan karakter yang efektif. Penelitian ini dilakukan selama 2 (dua) tahun. Pada tahun pertama dilakukan kegiatan sebagai berikut: 1) persiapan pembuatan instrument, 2) menganalisis tingkat efficacy konselor di sekolah, 3) menganalisis teori-teori yang mendukung pemecahan masalah self efficasy, dan 4) mendesain Strategi efficasy yang cocok digunakan untuk mengembangkan pendidikan karakter. Sampel penelitian dipilih secara purposive random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman Observasi, pedoman wawancara dan questioner dalam bentuk penelitian survey dengan kajian pustaka. Pada tahun kedua penelitian ini, dilakukan ujicoba peningkatan self efficacy dalam pendidikan karakter bagi konselor sekolah di Kota Malang. Disain penelitian yang digunakan adalah penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Dalam penelitian ini penelitian survey dipilih karena dianggap paling efektif dan effisien untuk mendapatkan data yang tepat, cepat dan akurat tentang informasi Self Efficacy Konselor dalam mengembangkan pendidikan karakter siswa di Jawa Timur.

 

Kata Kunci: Self Efficacy, Konselor Sekolah, Pendidikan Karakter

Article Details

How to Cite
Prakoso, E. T., & Wahyuni, E. N. (2015). Urgensi Self Efficacy Konselor Sekolah dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter Siswa (Penelitian Survey terhadap konselor Sekolah di Kota Malang). Jurnal Inspirasi Pendidikan, 5(1), 644-652. https://doi.org/10.21067/jip.v5i1.698
Section
Articles