Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  • If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.

Author Guidelines

Author Guidelines

PETUNJUK UNTUK PENULIS

Jenis Artikel

Jurnal Sains Peternakan menerima dan mempublikasikan artikel-artikel dalam bentuk: penelitian, ulasan, studi kasus, dan kajian teoritis non penelitian.

1.  Artikel penelitian merupakan kajian lengkap dari suatu kegiatan penelitian atau bagian penelitian dengan kajian topik yang telah sempurna, berisi penelitian atau pengamatan yang memenuhi kaidah-kaidah ilmiah termasuk rancangan percobaan dan analisis statistika yang memadai. Kajian haruslah memenuhi aspek-aspek bioetika dalam penelitian dan kesejahteraan hewan. Kajian epidemiologi dan kajian data-data dalam kurun waktu yang lalu termasuk kedalam kategori naskah penelitian, sehingga harus memenuhi kaidah-kaidah ilmiah dan analisis statistika yang memadai.

2.  Artikel ulasan merupakan suatu tinjauan pustaka yang bersifat menyeluruh, bersifat kritis-analitis, yang memberikan informasi kekinian dari suatu topik, atau berisi pandangan ke depan mengenai suatu permasalahan. Artikel ulasan haruslah menyediakan informasi-informasi dari penelitian-penelitian sebelumnya secara lengkap berupa fakta atau data yang telah ada, menyampaikan analisis dan kajian kritis penulis terhadap kumpulan fakta atau data tersebut, serta menyimpulkannya menjadi suatu pandangan yang dapat diterima atau suatu yang sebaiknya digunakan untuk pengembangan di masa yang akan datang. Penulis artikel ulasan lebih disukai mereka-mereka yang memang memiliki kepakaran di bidangnya masing-masing yang ditunjukkan oleh kontribusi yang telah diberikan baik berupa kebijakan ataupun tulisan-tulisan yang telah dipublikasikan. Artikel ulasan yang bersifat pengajaran dalam topik tertentu masih dapat diterima jika dipandang perlu.

3.  Artikel studi kasus merupakan laporan dari suatu kejadian atau kasus baik di bidang klinik, patologis maupun bidang lainnya yang dipandang perlu untuk dipublikasikan tetapi tidak mencukupi untuk ditulis dalam bentuk naskah penelitian. Naskah studi kasus yang memberikan informasi baru atau yang dapat memberikan kontribusi terhadap kepustakaan yang ada lebih diutamakan.

4.  Artikel kajian teoritis non penelitian, mengacu kepada semua jenis artikel ilmiah yang bukan merupakan laporan hasil penelitian. Ketentuan penulisan artikel non-penelitian sama dengan ketentuan menulis makalah pendek (panjangnya tidak lebih dari 20 halaman), kecuali dalam makalah pendek abstrak dan kata kunci tidak harus ada.

Petunjuk Umum Penulisan

1.   Naskah yang dikirimkan kepada redaksi ialah naskah yang belum pernah diterbitkan pada jurnal ilmiah lain dalam bentuk cetak atauonline atau tidak sedang dikirim ke jurnal lain, kecuali dalam bentuk abstrak atau prosiding dalam sebuah seminar dengan distribusi terbatas.

2.   Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris yang baik, jelas, lugas dan ringkas. Tulisan dalam bahasa Indonesia diharuskan mengacu kepada Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan (EYD tahun 2000) yang dikeluarkan oleh Pusat Bahasa, Departemen Pendidikan Nasional (http://badanbahasa.kemdiknas.go.id).

3.   Naskah diketik menggunakan program MS Word; dengan kertas ukuran A4; batas luar atas, bawah, kanan dan kiri masing-masing 2,5 cm; kerapatan baris 2 spasi; serta menggunakan huruf Time New Roman 12pt. Panjang naskah (sudah termasuk tabel, gambar dan daftar pustaka) tidak lebih dari 24 halaman untuk artikel penelitian, tidak dibatasi untuk artikel ulasan, serta tidak lebih dari 8 halaman untuk artikel studi kasus dan komunikasi singkat. Seluruh naskah diberi nomor halaman dan nomor baris.

4.   Naskah terdiri dari: halaman judul, abstrak, pendahuluan, bahan dan metode, hasil, pembahasan, kesimpulan, ucapan terima kasih, daftar pustaka, tabel, gambar dan keterangan tabel/gambar.  

5.   Halaman judul berisi: judul ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris, nama penulis (ditulis lengkap tanpa gelar), alamat penulis, dan judul singkat (running title). Judul tidak lebih dari 12 kata dan judul singkat tidak lebih dari 6 kata. Dalam judul sebaiknya dihindari penggunaan kata-kata: Kajian ...., Studi ..., Pengamatan ..., Pengaruh ..., atau Efek .... Alamat penulis ditulis lengkap dengan jurusan/departemen atau laboratorium disertai dengan institusi/universitas beserta kode pos. Bila penulis lebih dari seorang, dengan alamat instansi yang berbeda, maka dibelakang setiap nama diberi indeks atas angka arab. Di bagian bawah halaman judul dicantumkan identitas penulis korespondensi (bertanggung jawab dalam hubungan surat-menyurat) meliputi: nama dan alamat yang dilengkapi nomor telepon, HP, fax, dan email.

6.   Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris, tidak lebih dari 200 kata. Abstrak ditulis dalam satu kesatuan paragraf yang berisi informasi kepentingan atau tujuan penelitian, metode, hasil dan simpulan dari penelitian. Abstrak dilengkapi dengan kata-kata kunci yang diurut berdasarkan kepentingannya tidak lebih dari 5 kata. 

7.   Pendahuluan ditulis ringkas memuat latar belakang, kepustakaan yang mendukung, rumusan masalah dan tujuan penelitian.

8.   Bahan dan metode memuat rancangan percobaan, hewan percobaan, prosedur penelitian, dan analisis statistika yang digunakan. Bahan dan metode penelitian harus ditulis dengan jelas dan ringkas sehingga penelitian tersebut dapat diulang oleh peneliti lain. Bahan atau produk yang digunakan disebutkan sumber atau referensinya (nama perusahaan dan negara, boleh disertai no. katalog). Pencantuman nama komersial harus disertai  nama generiknya. Penggunaan hewan dalam penelitian sebaiknya mengacu kepada pedoman kesejahteraan hewan (deklarasi Helsinki di http://www.wma.net).

9.   Hasil memuat seluruh hasil penelitian, baik berupa tabel dan gambar. Narasi yang ditulis memuat informasi yang penting atau inti sari dari tabel atau gambar yang disajikan. Data tambahan berupa video yang terkait dapat disampaikan sebagai penunjang dan hanya akan dimuat dalam bentuk online.

10. Pembahasan ditulis terpisah dari hasil. Pembahasan bukan merupakan pengulangan narasi dari hasil, tetapi merupakan intepretasi dan analisis dari data-data yang diperoleh, baik dengan mengacu, membandingkan, memperkuat atau mengkritisi hasil penelitian sebelumnya.

11. Kesimpulan ditulis secara ringkas pada paragraf tersendiri di bagian akhir dari pembahasan dan bukan merupakan sub judul tersendiri.

12. Ucapan terima kasih ditujukan kepada personal atau institusi yang memberikan kontribusi penting dalam pelaksanaan penelitian (pemberi dana, penyedia sumber data, bahan penelitian, fasilitas penelitian dan lainnya), tetapi tidak menjadi tim penulis. Pada bagian akhir penulis harus mencantumkan pernyataan tentang tidak terdapat konflik kepentingan (conflict of interest) sebagai berikut: "Penulis menyatakan tidak ada konflik kepentingan dengan pihak-pihak yang terkait dalam penelitian ini".

13. Daftar pustaka memuat semua artikel publikasi yang diacu pada naskah. Cara pengacuan pustaka dalam naskah adalah sbb.:

DAFTAR PUSTAKA

Disusun dengan memuat nama sesuai urutan abjad dan tahun (tanpa nomor urut). Jika memiliki software penyusun reference (EndNote, Mandeley, Zotero) akan lebih baik. Gunakan format APA 6th dengan contoh berikut:

 

Jurnal:

Ellis, E. A., and Porter-Bolland, L. (2008). Is community-based forest management more effective than protected areas? Forest Ecology and Management, 256(11), 1971-1983. doi: 10.1016/j.foreco.2008.07.036.

Fujiwara, T., Awang, S. A., Widayanti, W. T., Septiana, R. M., Hyakumura, K., and Sato, N. (2015). Effects of national community-based forest certification on forest management and timber marketing: a case study of Gunung Kidul, Yogyakarta, Indonesia. International Forestry Review, 17(4), 448-460. doi: 10.1505/146554815817476422

Spasi 1

Sumber online:

FAO. (2016). Community-based forestry.   Retrieved 30 April, 2016, from http://www.fao.org/forestry/participatory/90729/en/

Spasi 1

Buku:

Sudman, S., and Bradburn, N. M. (1982). Asking Questions: A Practical Guide to Questionnaire Design. San Fransisco, California: Jossey-Bass Inc., Publishers.

14. Pada artikel ulasan dapat memuat sub judul tulisan yang disesuaikan dengan kebutuhan penulis atau topik bahasan yang ditulis.

15. Pada artikel studi kasus, pendahuluan, metodologi, hasil, dan pembahasan yang ditulis secara berkesinambungan tanpa menggunakan sub judul. Ketentuan lain mengikuti petunjuk umum penulisan. Pada artikel kajian teoritis non penelitian,

16. Tabel dan gambar diletakan di halaman terpisah setelah daftar pustaka dilengkapi dengan judul dan keterangan. Grafik dilengkapi dengan file asli yang terpisah dalam format MS Excel. Gambar yang memuat foto harus melampirkan foto asli dengan resolusi tinggi dalam format JPEG. Penulis dapat pula mengikut-sertakan foto yang akan diusulkan sebagai halaman muka (cover) jurnal.

17. Pengiriman naskah dapat melalui pos dalam bentuk hard print (sebanyak 3 eksemplar) dan soft copy (berupa CD) atau melalui email: unikamajsp@gmail.com

Pengiriman naskah ditujukan kepada:

Dr. Permata Ika Hidayati S.Pi., M.Pd

Redaksi Jurnal Sains Peternakan

Fakultas Peternakan Universitas Kanjuruhan Malang

Jl. S. Supriadi No. 48 Malang 65146

Jawa Timur - INDONESIA

Telp   : 0341-801488; Fax: 0341-831532

HP     : 085235251974

Email : unikamajsp@gmail.com 

18. Ketika naskah telah diterima oleh redaksi, maka penulis akan mendapatkan "pemberitahuan untuk diproses" paling lambat 7 hari setelah naskah diterima. 

19. Setiap artikel yang dikirimkan ke kantor editorial Jurnal Sains Peternakan dipungut biaya sebesar Rp 200.000,00 sebagai biaya pemrosesan artikel cetak dan pengiriman.

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.