Identifikasi Karakteristik Morfometrik Ayam Broiler (Gallus domesticus) Di Kandang Closed House Kebun Percobaan Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman Kota Samarinda

Main Article Content

Isnadi
Suhardi
Ari Wibowo

Abstract

Penampakan morfometrik ayam broiler strain Lohman (MB 202) yang dipelihara menggunakan kandang closed house penting untuk diketahui guna mendukung program pembudidayaan yang berkelanjutan dengan proses pembibitan yang baik dan terkontrol. Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi karakteristik kualitatif dan kuantitatif ayam broiler strain Lohman (MB 202), menggunakan 55 ekor ayam broiler strain Lohman (MB 202) yang dipelihara di kandang closed house kebun percobaan Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman Kota Samarinda dengan mengambil data primer dan sekunder lalu diolah secara deskriptif dan konfirmatif dengan variabel yang diukur adalah rata-rata yang didapat dari setiap variabel yang dimasukan. Penelitian ini menunjukan bahwa karakteristik kualitatif ayam broiler strain Lohman strain Lohman (MB 202), pada umur 5 minggu memiliki keseragaman 100% dalam semua sifat, seperti warna jengger yang berwarna merah pucat, warna paruh dan warna ceker berwarna kuning, warna bulu adalah putih. Karakteristik kuantitatif ayam broiler strain Lohman (MB 202) pada beberapa bagian seperti bobot badan, lingkar badan, lebar badan, panjang badan, panjang leher, panjang sayap, panjang femur dan shank terus mengalami peningkatan pertumbuhan yang pesat hingga umur minggu 4, sedangkan pada minggu ke-4 menuju minggu ke-5 pertumbuhannya menurun karena sudah mendekati umur dewasa kelamin sehingga pertumbuhan tulangnya menurun. Panjang punggung sekali tidak mengalami pertumbuhan sedikitpun pada minggu ke-2 menuju minggu ke-3.  Pada bagian paruh dan tibia terus menerus mengalami pertumbuhan namun sangatlah lambat.

Article Details

How to Cite
Isnadi, Suhardi, & Wibowo, A. (2024). Identifikasi Karakteristik Morfometrik Ayam Broiler (Gallus domesticus) Di Kandang Closed House Kebun Percobaan Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman Kota Samarinda. urnal ains eternakan, 12(01), 43–62. https://doi.org/10.21067/jsp.v12i01.10264
Section
Articles

References

Alam, S. 2018. Terampil Mengoperasikan Broiler Closed House. Infovet Majalah Peternakan dan Kesehatan. www.majalahinfovet.com(Diakses pada 5 Mei 2024).

Albar, M.F. 2018. Pertumbuhan dan Morfometrik G4 Hasil Persilangan Ayam Lokal dan Ayam Ras Pedaging (PSKM) Umur 18 sampai 24 Minggu. Skripsi. Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor.

Andreas. 2016. Evaluasi Performa Ayam Broiler Strain Cobb dan Ross Pada Tipe Kandang Close dan Open. Fakultas Peternakan. Universitas Islam Malang. Malang.

Anonymous. 2020. Medion Ardhika Bhakti. Kanibalisme Ayam Petelur- PT Medion Ardhika Bhakti. https://www.medion.co.id/kanibalisme-ayam-petelur/ (Diakses pada 5 Mei 2024).

Asifuddin, M.E., Kurnianto., dan Sutopo. 2017. Karakteristik Morfometrik Ayam Kedu Jengger Merah dan Jengger Hitam Generasi Pertama di Satker Ayam Maron Temanggung. Jurnal Ilmu Ternak, 17(1), 40-46.

Bell, D., dan Weaver, W. D. Jr. 2002. Commercial Chicken Meat and Egg Production. 5th edition. Springer Science and Business Media Inc. New York.

BPS. 2015. Kalimantan Timur Dalam Angka. Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Timur.

BTPN Mitra Bisnis. 2023. Industri Peternakan Ayam Di Indonesia (Bagian 1). Sumber Daya Manusia. https://www.daya.id/usaha/artikel-daya/sumber-daya-manusia/industri-peternakan-ayam-di-indonesia-bagian-1- (Diakses pada 28 Februari 2024).

Herlina, B., Novita, R., dan Karyono, T. 2015. Pengaruh Jenis dan Waktu Pemberian Ransum terhadap Performans Pertumbuhan dan Produksi Ayam Broiler. Fakultas Pertanian Prodi Peternakan Universitas Musi Rawas. Jurnal Sain Peternakan Indonesia Vol. 10 No. 2.

Herren, R. 2000. The Science of Animal Agriculture. 2 nd Edition. Delmark New York.

Lawrie, R.A. 2002. Lawrie’s Meat Science. 6 th Edition. Woodhead Publishing Ltd., England.

Lestari, M., Muhsinin., Rozi, T., dan Mantika N.M. 2020. Keragaman Genetik Ayam Kampung di Kota Mataram. Prosiding Seminar Nasional Kahuripan I. ISBN: 978-602-60606-3-1.

Nuryati, T. 2019. Analisis Performans Ayam Broiler Pada Kandang Tertutup Dan Kandang Terbuka. Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Pertanian, Cianjur. Jurnal Peternakan Nusantara ISSN 2442-2541Vol. 5 No 2.

Purwantoro, D. 2015. Tingkatkan Produksi Broiler dengan Cara Modern (Closed House). Dhanangclosed house.com/tingkatkan-produksi-broilerdengan-cara-moden. (Diakses pada 28 Februari 2024).

Purwantoro, D. 2017. Keunggulan Kandang Closed House pada Peternakan Ayam. dhanangclosedhouse.com/ keunggulan kandang-closed-house. (Diakses pada 28 Februari 2024).

Rahayu. I.H.S., Darwati, S., dan Mu’iz, A. 2019. Morfometrik Ayam Broiler dengan Pemeliharaan Intensif dan Akses Free Range di Daerah Tropis. Departemen Ilmu Produksi Dan Teknologi Peternakan, Fakultas Peternakan, IPB. Jurnal Ilmu Produksi Dan Teknologi Peternakan. Vol. 07. No. 2.

Ratnasari, R., Sarengat, W., dan Sariyanti, A. 2015. Analisis Pendapatan Peternak Ayam Broiler Pada Sistem Kemitraan Di Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro Semarang. Animal Agriculture Journal 4(1): 47-53, Online at: http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/aaj

Setiaawan, B.D. 2013. Karakteristik Kualitatif dan Kuantitatif Ayam Lokal Khas Dayak Periode Starter. Skripsi. Universitas Mulawarman. Samarinda.

Trisnawanto, R., dan Adiwnatri, W.S.D. 2012. Hubungan Antara Ukuran Ukuran Tubuh Dengan Bobot Badan Domba Jantan. Animal Agriculture Journal. Vol 1. No.1 Tahun 2012. P:653-668.