Analisis strategi pemasaran telur ayam ras Di peternakan bapak andika Desa ngadireso kecamatan poncokusumo kabupaten malang
Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran telur ayam ras dan untuk mengetahui faktor-faktor eksternal dan internal yang mempengaruhi strategi pemasaran pada peternakan bapak andika. Dalam penelitian ini data dikumpulkan melalui metode studi kasus, pengumpulan data dibagi menjadi 2 yaitu data primer yang meliputi (observasi, wawancara dan dokumentasi), sedangkan data sekunder di dapat dari jurnal, buku, internet dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu deskriptif. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa ada 2 strategi pemasaran yang dilakukan. Strategi pemasaran yang pertama yaitu produsen – konsumen, produsen menjual ke konsumen dengan harga Rp 18.300. Strategi pemasaran yang kedua yaitu produsen – pedagang besar – pedagang pengecer – konsumen dengan, telur untuk sampai pada konsumen harus melalui jalur-jalur pemasaran yang lebih panjang. Produsen menjual telur ke pedagang besar dengan harga Rp 18.000. Pedagang besar menjual telur ke pedagang pengecer dalam kota dengan harga Rp 19.000 (25% telur yang dibeli dari produsen), untuk luar kota dengan harga Rp 20.500 (75% telur yang dibeli dari produsen). Pedagang pengecer menjual telurnya ke konsumen akhir dengan harga Rp 21.000 untuk dalam kota dan Rp 22.500 untuk luar kota. Faktor eksternal yang mempengaruhi pemasaran (harga, persaingan, permintaan pasar dan jalur tata niaga), faktor internal (kualitas, kuantitas produksi dan harga). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada 2 strategi yang dilakukan pada peternakan Bapak Andika yaitu (produsen – konsumen) dan (produsen –pedagang besar – pedagang pengecer – konsumen). Keuntungan yang diperoleh lebih besar pada strategi 2 daripada strategi 1. Untuk proses pemasaran pelaku usaha harus lebih menguasai strategi pemasaran guna untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal.
Abstract
This research aims to know marketing strategies poultry egg and factors external and internal that affects marketing strategies on Mr Andika farm. Research was done from 1st November to 1st December 2016. In this research data collected through a method of case study, data collection divided into 2 the primary data that covers (observation, interviews and documentation), while secondary data in be from the jurnal, book, internet and documentation. Analysis of data usedthe descriptive. The research shows that there are two marketing strategies done. The first marketing strategies that is (producer – consumer), producer sell to consumer with the price Rp 18,300. The second marketing strategies that is (producer – wholesalers – retailers – consumer), egg to get on the consumer must go through marketing longer producer sell to wholesalers with the price Rp 18,000. The large sell egg to traders a retailer in the city with the price of Rp 19,000 (25% egg purchased from producer), to out of town with price Rp 20,500 (75% egg purchased from producer). Traders a retailer sell the egg to the consumer at price Rp 21,000 to in the city and Rp 22,500 to out of town. External factors affecting marketing ( price, competition, the market and marketing channels), the internal factor (quality, quantity the produduction and price). The research can be concluded that there are two the strategy took by on Mr Andika farm (producer – consumer) and (producer – wholesalers – retailers – consumer). Their profits greater on 2nd strategy, 1st than strategy. To the process of marketing business players must be more control marketing strategies to profit maximum.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Badan Pusat Statistik (BPS). Statistik Produksi Telur Ayam Ras. Diakses dari http:/www.bps.go.id/, diakses pada tanggal 2 Februari 2016 pada jam 20.20 WIB.
Cahyono, Wahyu. 2015. Analisis dan Kajian Rantai Pasok Agrtibisnis Ayam Pedaging Dengan DEA (Data Envelopment Analysis). Seminar Nasional ke 8 Tahun 2013.
Munizu, Musran, 2010. Pengaruh Faktor-Faktor Eksternal dan Internal Terhadap Kinerja Sebuah Usaha.
Novarone, Okki, 2003. Analisis Pengaruh Tingkat Kesuksesan Produk Baru Dalam Peningkatan Kinerja Pemasaran. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia. Vol 11, No. 1, Mei 2003, Hal. 111-122.
Rachmawati, Rina, 2011. Peranan Bauran Pemasaran ( Marketing Mix). Jurnal Kompetensi Teknik Vol2, No. 2, Mei 2011.
Sugiyono, 2007. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung : Alfabeta
Sugiyono, 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.
Wardhani, Nuruni, 2012. Analisis Kualitas Produk dan Harga Dalam eningkatkan Loyalitas Melalui Kepuasan Pelanggan. Jurnal NeO-Bis Vol. 6, No. 1, Juni 2012.