Akurasi Sensor TCS230 dalam Media Pembelajaran Bahasa Inggris

Penulis

  • As'ad Shidqy Aziz Wisnuwardhana Malang
  • Tri Kristianti Universitas Wisnuwardhana Malang

DOI:

https://doi.org/10.21067/smartics.v9i1.8236

Abstrak

Bahasa Inggris sebagai Bahasa Internasional diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata bagi para generasi unggul di masa depan yang akan berkiprah dalam dunia Internasional. Salah satu strategi yang tepat untuk pendidikan anak usia dini dalam pembelajaran Bahasa Inggris adalah listen dan repeat. Sehingga, diperlukan media pembelajaran English Color Assistant untuk mendukung pembelajaran Bahasa inggris anak usia dini. Komponen utama yang digunakan untuk merealisasikan alat tersebut antara lain sensor TCS230 dan Arduino Uno. Hasil yang diperoleh dari perancangan dan pembuatan prototipe alat diantaranya data yang dihasilkan oleh sensor memiliki tingkat kepresisian yang tinggi yaitu dibawah 0,5. Akurasi alat dalam pembacaan warna sebesar 100% ketika tidak ada jarak antara alat dengan media yang dideteksi dan akurasi 90 % ketika terdapat jarak antara alat dengan media yang dideteksi

Unduhan

Diterbitkan

2023-04-20

Cara Mengutip

[1]
A. S. Aziz dan Tri Kristianti, “Akurasi Sensor TCS230 dalam Media Pembelajaran Bahasa Inggris”, SMARTICS, vol. 9, no. 1, hlm. 20–28, Apr 2023.