Aplikasi Analisis Pemberian Reward Tenaga Pendidik Menggunakan Metode Fuzzy Relation

Penulis

  • Nilam Ramadhani a:1:{s:5:"en_US";s:18:"UNIVERSITAS MADURA";}
  • Abd. Wahab Syahroni Universitas Madura
  • Irwan Darmawan Universitas Madura
  • Ismatul Maula

DOI:

https://doi.org/10.21067/smartics.v10i1.8299

Abstrak

Analisis pemberian reward dengan fuzzy relation bertujuan untuk menentukan guru yang berhak dan layak mendapatkan reward berdasarkan penilaian kinerja guru. Fuzzy relation digunakan untuk menentukan tingkat hubungan atau relasi antar kriteria dengan bobot yang telah ditentukan secara objektif. Aspek yang dinilai meliputi 4 kriteria yaitu pedagogik, kepribadian, profesionalisme, dan hubungan sosial. Masing-masing kriteria memiliki jumlah subkriteria yang berbeda-beda. Secara keseluruhan jumlah subkriteria terdapat 26 dan guru yang dinilai sebanyak 45 guru dari 6 Sekolah Dasar. Hasil dari penilaian kinerja terhadap 45 guru dengan fuzzy relation  dan pembobotan kriteria  didapatkan satu data guru  yang memiliki nilai kinerja tertinggi diantara guru yang lain. Sehingga nilai yang didapatkan tersebut digunakan sebagai pendukung keputusan untuk menentukan guru yang berhak dan layak mendapatkan reward.

Unduhan

Diterbitkan

2024-04-30

Cara Mengutip

[1]
N. Ramadhani, A. W. Syahroni, I. Darmawan, dan I. Maula, “Aplikasi Analisis Pemberian Reward Tenaga Pendidik Menggunakan Metode Fuzzy Relation”, SMARTICS, vol. 10, no. 1, hlm. 1–12, Apr 2024.