Aplikasi Analisis Pemberian Reward Tenaga Pendidik Menggunakan Metode Fuzzy Relation
DOI:
https://doi.org/10.21067/smartics.v10i1.8299Abstrak
Analisis pemberian reward dengan fuzzy relation bertujuan untuk menentukan guru yang berhak dan layak mendapatkan reward berdasarkan penilaian kinerja guru. Fuzzy relation digunakan untuk menentukan tingkat hubungan atau relasi antar kriteria dengan bobot yang telah ditentukan secara objektif. Aspek yang dinilai meliputi 4 kriteria yaitu pedagogik, kepribadian, profesionalisme, dan hubungan sosial. Masing-masing kriteria memiliki jumlah subkriteria yang berbeda-beda. Secara keseluruhan jumlah subkriteria terdapat 26 dan guru yang dinilai sebanyak 45 guru dari 6 Sekolah Dasar. Hasil dari penilaian kinerja terhadap 45 guru dengan fuzzy relation dan pembobotan kriteria didapatkan satu data guru yang memiliki nilai kinerja tertinggi diantara guru yang lain. Sehingga nilai yang didapatkan tersebut digunakan sebagai pendukung keputusan untuk menentukan guru yang berhak dan layak mendapatkan reward.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Nilam Ramadhani
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.