Marketplace Entrepreneur Sorgum Menggunakan Klastering K Medoid

Penulis

  • Nia Saurina a:1:{s:5:"en_US";s:34:"Universitas Wijaya Kusuma Surabaya";}
  • Endang Noerhartati Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Marina Revitriani Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.21067/smartics.v9i2.8323

Abstrak

Marketplace merupakan sebuah pasar virtual dimana pasar tersebut menjadi tempat bertemunya pembeli dan penjual untuk melakukan transaksi. Universitas Wijaya Kusuma Surabaya telah mendirikan Unit Entrepreneurship Sorghum (UES) mulai tahun 2009 dan berkolaborasi dengan Entrepeneur Sorgum di beberapa daerah di Jawa Timur. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) pembuatan marketplace untuk Entrepeneur Sorgum yang telah bergabung di UES, (2) Melakukan klasifikasi menggunakan metode K-Medoid untuk mengelompokkan Entrepeneur Sorgum berdasarkan pendapatan yang telah didapatkan oleh UES, (3) Melakukan pemetaaan berdasarkan hasil klastering agar UES dapat memberikan bantuan kepada entrepreneur sorgum. Dari hasil kuesioner, didapatkan data tingkat keinginan UES untuk tiap-tiap variabel dari 35 entrepreneur sorgum sebagai responden. Data kuantitatif yang diperoleh kemudian dimasukan dan selanjutnya dilanjutkan dengan tahap pengklasteran. Data dibagi menjadi beberapa klaster yaitu berdasarkan jenis sorgum, produk yang dijual dan hasil penjualan. Setelah itu dilakukan perhitungan performansi klaster dengan menghitung nilai k-fold. analisis hasil pengujian pengaruh nilai k-fold adalah persentase terbaik terdapat pada nilai k-fold=6 dengan nilai akurasi 34,597%.

Diterbitkan

2023-11-05

Cara Mengutip

[1]
N. Saurina, E. Noerhartati, dan M. Revitriani, “Marketplace Entrepreneur Sorgum Menggunakan Klastering K Medoid”, SMARTICS, vol. 9, no. 2, hlm. 55–61, Nov 2023.