Implementasi IoT (Internet of Things) dalam pembelajaran di Universitas Kanjuruhan Malang

Penulis

  • Muhammad Priyono Tri Sulistyanto Program studi Teknik Informatika Universitas Kanjuruhan Malang
  • Danang Aditya Nugraha
  • Nurfatika Sari
  • Novita Karima
  • Wahid Asrori

Abstrak

Abstractâ€â€Nowadays Internet in modern society has cannot be separated from daily live, therefore the concept of Internet of Things (IoT) was born. IoT is a concept that describe the future of computing in which every physical object can connect to the Internet and can indentify itself among other devices. This concept becomes important to be applied into learning material in Kanjuruhan University of Malang, because previous relationship between learning materials are not fully integrated. As IoT implementation, Arduino is taught as the Embedded Systems to control the electronic devices.  Arduino can be connected to internet through shields (additional modules) such as Ethernet, Wifi, Zigbee, etc.  System connected to Internet can be controlled via web browser or mobile devices based on Android, which each contained in Web Programming and Mobile Computing lecturing respectively.

Key words IoT, Embedded System, Web Programming, Mobile Computing, Arduino.

 

Abstrak–-Dewasa ini peran internet dalam kehidupan masyarakat modern menjadi sesuatu yang tidak dapat terpisahkan sehingga lahirnya konsep mengenai Internet of Things (IoT) [1]. IoT merupakan sebuah konsep komputasi yang menggambarkan masa depan dimana setiap obyek fisik dapat terhubung dengan internet dan dapat mengidentifikasi dengan sendirinya antar perangkat yang lain. Konsep ini menjadi hal yang penting untuk diterapkan pada materi pembelajaran di universitas kanjuruhan malang dikarenakan hubungan antara materi pembelajaran belum sepenuhnya terintegrasi. Sebagai implementasi IoT, Arduino digunakan sebagai perangkat Embedded System dalam mengendalikan alat elektronik. Arduino dapat dihubungkan ke internet dengan tambahan shiled (modul elektronik) Ethernet, Wifi atau GPRS/GSM. Sistem yang terhubung dengan internet kemudian dapat dikendalikan melalui web browser atau perangkat bergerak berbasis Android, yang masing-masing terdapat dalam pembelajaran Web Programming dan Mobile Computing.

Kata kunci : IoT, Embedded System, Web Programming, Mobile Computing, Arduino

Biografi Penulis

Danang Aditya Nugraha

program studi Teknik Informatika Universitas Kanjuruhan Malang

Nurfatika Sari

prodi Teknik Informatik Universitas Kanjuruhan Malang

Unduhan

Diterbitkan

2015-11-03

Cara Mengutip

[1]
M. P. T. Sulistyanto, D. A. Nugraha, N. Sari, N. Karima, dan W. Asrori, “Implementasi IoT (Internet of Things) dalam pembelajaran di Universitas Kanjuruhan Malang”, SMARTICS, vol. 1, no. 1, hlm. 20–23, Nov 2015.